Sukses

Entertainment

Pro Kontra Wacana BTS Bakal Bebas dari Wajib Militer

Fimela.com, Jakarta Bangtan Boys atau yang juga populer dengan nama BTS tidak diragukan lagi jadi salah satu aset Korea Selatan yang berharga. Pengaruh mereka tak hanya berkutat di Korea dan negara-negara Asia, tapi juga di lingkup internasional.

BTS telah memecahkan sejumlah pencapaian tinggi dan rekor yang membanggakan. Bahkan mereka sempat disebut-sebut jadi grup K-Pop tersukses di generasi saat ini.

Sekilas rasanya tak ada yang mampu menghalangi laju karier BTS yang cemerlang. Mungkin ada satu hal, yakni wajib militer yang dijalani para personelnya.

Seperti yang kita tahu, pemerintah Korea Selatan mengharuskan para penduduk pria yang sesuai ketentuan untuk menjalani wajib militer. Biasanya masa mengabdi kepada negara itu berlaku selama 2 hingga 2,5 tahun.

Bisa saja karier BTS bakal tersendat karena satu atau dua member menjalani wajib militer, sedangkan reaksi publik terhadap BTS sedang tinggi-tingginya. Namun ternyata ada wacana bahwa BTS bakal bebas dari kegiatan tersebut!

Bakal Bebas dari Wajib Militer?

Hampir semua penduduk pria yang berusia 20-30 tahun diharuskan menjalani wajib militer. Namun ada sejumlah orang yang lepas dari tanggung jawab tersebut di antaranya penyandang cacat, ilmuwan, para kriminal, orang yang mengalami cedera fisik dan mereka yang berjasa bagi negara.

Ha Tae Kyung, seorang politis dari Partai Bareun Mirae mengutarakan jika kebijakan yang dibuat pemerintah selama ini tidak adil. "Seseorang akan bebas dari waijb militer jika mendapatkan peringkat pertama pada kompetisi biola, piano dan musik klasik. Tapi, seseorang tidak akan mendapatkan hak istimewa tersebut jika meraih peringkat pertama di chart Billboard," kata sang politisi dilansir dari Allkpop (26/7).

Lalu apakah BTS akan dipertimbangkan untuk bebas dari wajib militer dengan sumbangsihnya yang luar biasa? Sejauh ini masih belum ada keputusan terkait hal tersebut.

Tuai Pro dan Kontra

Statement di atas mendapat beragam reaksi dari para netizen, terutama fans K-Pop. Rupanya mayoritas dari mereka kurang setuju jika BTS mendapat pengecualian. Hal itu justru dirasa menunjukkan sikap ketidakadilan terhadap para idol K-Pop lainnya.

Bahkan sejumlah fans BTS juga tak ingin idolanya mendapat perlakuan istimewa itu. Menurut mereka nantinya BTS justru akan menghadapi tekanan dari idol lain, fans dan beberapa pihak terkait. 

Bagaimana menurut kalian, apakah BTS layak mendapat keistimewaan untuk tidak melakoni wajib militer? Apa alasannya?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading