Sukses

Entertainment

Alasan Kunto Aji makin confident bermain gitar

Fimela.com, Jakarta Solois dan gitar adalah dua hal yang kerap bersanding dengan indahnya. Pun begitu bagi Kunto Aji, musisi yang belakangan ini makin sering terlihat dengan gitar dalam setiap performance-nya.

Cukup banyak penyanyi di Indonesia maupun mancanegara yang identik dengan gitar. Di tanah air contohnya ada Rendy Pandugo atau Adhitia Sofyan, atau Jason Mraz dan Ed Sheeran di kancah internasional.

 

Menjadi hal yang cukup baru, Kunto Aji punya alasan tersendiri untuk bernyanyi sambil bermain gitar. Hal ini berkaitan dengan materi-materi yang terangkum di album keduanya, Mantra Mantra.

"Gue ngerasa di album ini gue harus main gitar untuk bisa menyatu sama aransemennya. Dalam proses pembuatan albumnya gue nggak main gitar akustik sama sekali, tapi elektrik biar bisa dapat feel-nya. Itu berkesinambungan, jadi itu kenapa gue kalo lagi live suka main gitar biar nyambung," tutur Kunto Aji kepada Fimela.com belum lama ini.

Esensi gitar dalam performance

Elemen gitar elektrik serta efek-efeknya cukup terasa dominan di album Kunto Aji. Dan untuk membangun chemistry antara dirinya dengan lagu yang dibawakan, bermain instrumen jadi penghubung.

"Makanya kadang orang nanya, 'apa lo pengen jadi kayak Petra atau Rendy Pandugo?', arahnya nggak ke situ. Orang-orang ngeliatnya kan 'oh dia sekarang main gitar' tapi nggak gitu sebenarnya. Lebih ke input dan proses saat gue bikin lagunya, dan gimana dapet feel-nya ketika dibawain live," ujarnya.

Riset untuk Mantra Mantra

Berbagai riset telah dilakukan Kunto Aji untuk penggarapan album kedua, Mantra Mantra. Ia mengangkat tema mental health yang bisa dibilang cukup spesifik, sekaligus luas di saat bersamaan.

"Gue sempat ikut workshop penulisan lirik sama mas Cholil Efek Rumah Kaca, dan itu ngaruh banget sih. Tema mental health gue angkat dari apa yang gue rasain selama dua tahun ini, begitu banyak hal yang terjadi. Selain itu gue juga belajar tentang frekuensi dan suara-suara yang bisa nyampe ke alam bawah sadar. Awalnya nggak percaya, tapi pas didengerin efeknya memang ada," pungkas Kunto Aji.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading