Sukses

Entertainment

Indonesian Box Office Movie Awards (IBOMA) Akan Kembali di Gelar

Fimela.com, Jakarta Indonesian Box Office Movie Awards (IBOMA) 2019 siap kembali digelar oleh SCTV. Tahun 2019 adalah tahun ke-4 penyelenggaraan IBOMA sebagai ajang penghargaan untuk sepuluh film Indonesia terlaris selama kurun waktu 1 Januari-31 Desember 2018.

Menurut David Suwarto selaku Deputy Director Programing SCTV mengaku memang sengaja selalu membuat acara IBOMA ini untuk memberikan penghargaan pada insan perfilman di Indonesia.

"Kami SCTV ingin kontribusi dikit, konsisten menyayangkan film Indonesia, sebetulnya penghargaan ini hanya sedikit dari mereka yang buat," katanya saat konferensi pers IBOMA di SCTV Tower, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2019).

Menurut David ada beberapa perbedaan IBOMA dengan ajang pernghargaan untuk insan perfilman lainnya. Salah satunya, SCTV sengaja memilih beberapa film berdasarkan banyaknya jumlah penonton.

"Ada perbedaan IBOMA dengan ajang penghargaan film lain, dari kami (SCTV) memang sengaja menyortir berdasarkan jumlah penonton. Sehingga terpilih lah 10 film Box Office di Indonesia," tambahnya.

 

Malam anugerah Indonesia Box Office Movie Awards 2019 sendiri akan diselenggarakan pada Jumat (5/4/2019) pukul 21.00 WIB di Studio 6 Emtek City. Nantinya akan ada tiga host papan atas yang akan memandu acara, Andhika Pratama, Raffi Ahmad dan Prilly Latuconsina.

Ada tujuh juri yang terlibat dalam ajang penghargaan insan perfilman ini. Diantaranya, Ayushita Nugraha (aktris), Cesa David Luckmansyah (editor), Hanung Bramantyo (sutradara), Prisia Nasution (aktris), Reza Rahadian (aktor), Sha lne Febriyanti (aktrisl sutradara), dan Monty Tiwa (sutradara). Mereka menilai langsung sepuluh film yang menjadi nominasi IBOMA 2019.

 

Daftar Nominasi

Film yang masuk nominasi di IBOMA, antara lain, Dilan 1990, Suzzanna: Benapas Dalam Kubur, Danur 2: Maddah, Si Doel The Movie, Asih, Teman Tapi Menikah, Wiro Sableng : Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212, Jailangkung 2, A Man Called Ahok, dan Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga. Dalam proses penjuriannya, ke-10 film yang masuk IBOMA ini kembali diputar dan masyarakat pun dipersilahkan menonton gratis bersama Dewan Juri sejak 4-6 & 11-13 Maret 2019 di Galeri Indonesia Kaya.

Kesepuluh film tersebut akan memperebutkan 12 kategori yang dianugerahkan IBOMA 2019 yakni Film Box Office Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Terbaik, Pendatang Baru Terbaik, Poster Film Terbaik, Trailer Film Terbaik, Original Soundtrack (OST) Film Terbaik dan Ensemble Talent Terbaik. Di luar itu terdapat 3 kategori yang akan dianugerahkan tanpa meIalui proses penjurian melainkan berdasarkan raihan penonton, yaitu antara lain Top 10 Film Box Office Tahun lni, Film Box Office Tahun Ini dan Produser Film of The Year.

 

Indonesian Short Film Festiva

Melanjutkan tradisi yang sudah berjalan, selain IBOMA 2019, SCTV pun juga menggelar kembali Indonesian Short Film Festival (ISFF) 2019 sebagai bentuk apresiasi terhadap sineas yang berkarya dalam medium film pendek. Para Dewan Juri IBOMA 2019 pula yang akan menilai semua film yang masuk. Terdapat 2 kategori dalam ISFF 2019, antara lain Film Pendek Berdurasi 3-5 menit dan Film Pendek Durasi 1 Menit. Dalam hal penggunaan kamera. SCTV membebaskan para sineas untuk menggunakan mulai dan kamera profesional maupun kamera ponsel.

Kompetisi ISFF 2019 yang memperebutkan total hadiah Rp 165 juta ini sudah ditutup pendaftarannya sejak 28 Februari 2019. Pemenang ISFF 2019 akan diumumkan bersamaan dengan Malam Anugerah IBOMA 2019.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading