Sukses

Entertainment

Andien Aisyah Anggap Pendidikan Musik Penting, Ini Buktinya

Fimela.com, Jakarta Penyanyi Jazz, Andien Aisyah nyatanya punya pandangan tersendiri tentang pentingnya pendidikan musik untuk anak-anak usia sekolah. Jika selama ini musik hanya dijadikan sebagai ekstrakulikuler dalam lembaga pendidikan formal, perempuan 33 tahun itu memiliki bukti jika pendidikan musik sejak dini mampu memaksimalkan potensi diri.

Ditemui usai menghadiri diskusi tentang musik di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Senin (1/4/2019), ibu satu orang anak itu pun memberikan bukti jika musik mampu memaksimalkan potensi diri.

"Tadi (saat diskusi) juga aku baru tahu kalau peraih nobel itu 2 sampai 22 kali lebih banyak dapat pendidikan musik dibanding yang nggak meraih nobel. Musik bisa stimulasi nalar berpikir kayak matematika, fisika, kimia, dan disiplin ilmu lain," ucap Andien Aisyah.

Lebih lanjut, informasi tentang musik mampu memberikan dampak positif bagi kecerdasan seseorang juga berbanding lurus dengan fakta yang ia dapat dari lingkungannya. Menurut Andien, beberapa rekan musisi di tanah air yang dekat dengan musik memiliki kemampuan yang menonjol di bidang akademis.

"Musisi besar di Indonesia, di pelajaran lain pasti pinter. Banyak musisi (berhasil) di (bidang) arsitek atau bidang lain, aku lihatnya gitu," tuturnya kemudian.

Maka dari itu, Andien pun menyayangkan jika di kurikulum pendidikan di Indonesia, pelajaran terkait musik masih kerap dikesampingkan. Disamping itu, jumlah guru musik di berbagai tingkat pendidikan di Indonesia pun masih terbilang jauh dari kata memadai dari segi jumlah.

"Masalahnya adalah karena tercipta kondisi yang terlalu lama, kalau musik itu tidak penting dan hanya (pelajaran) tambahan. Kadang musik harus dikorbankan untuk pelajaran lain juga. Sebenernya pendidikan musik bisa menstimulasi anak belajar ilmu lain juga," pungkas Andien Aisyah.

Loading
Artikel Selanjutnya
Anne Avantie-Andien Ramaikan Opening Gerai The Palace Jeweler ke-30 di PIM 3
Artikel Selanjutnya
Ingin Studi Master Program ke Jepang Lewat Beasiswa? Berikut Caranya