Sukses

Entertainment

Nia Dinata Ungkap Kesulitan Garap Pentas Lutung Kasarung

Fimela.com, Jakarta Nia Dinata sukses menyutradarai pentas Lutung Kasarung secara virtual. Tak sendiri, ia bekerja sama dengan sutradara teater, Rusdy Rukmarata, serta Takako Leen dan Dimitri Hariastuti.

Nia mengakui bahwa proses penggarapan pentas Lutung Kasarung tidaklah mudah. Sebab, imbas pandemi COVID-19 membuat para crew tak bisa bertemu langsung dan hanya mengandalkan berkomunikasi secara virtual.

"Karena itu, sebagai orang film, aku utamakan dulu konsep apa dan musikal seperti apa yang akan diolah oleh sutradara teater," kata Nia ketika mengikuti konferensi pers virtual, Kamis (27/8/2020).

"Jadi, sutradara film, saya, hanya menambahkan nilai sinematografi dan visual biar nyaman ditonton di layar," tambahnya.

Kesulitan lainnya

Tak sampai di situ, perempuan kelahiran Jakarta, 4 Maret 1969 ini juga kesulitan karena pentas Lutung Kasarung harus dibuat seperti film, tanpa menghilangkan esensi teater di gedung pertunjukan. Dari situlah ada banyak hal yang harus diolah dan disesuaikan agar tetap terlihat enak dipandang.

"Jadi, skenario ditulis berdasarkan konsep musikal, ada liberto dan action. Tapi, semua itu lalu diolah seperti skenario film. Karena, memang ada bagian yang, mau tidak mau, harus kayak film adegannya," tuturnya.

Komentar Sutradara Teater

Di acara yang sama, sutradara teater, Rusdy Rukmarata, merasa proses penggarapan pentas Lutung Kasarung sangat tidak biasa dan unik. Bahkan ia tak percaya hasilnya begitu apik, lebih dari harapannya.

"Mbak Nia bilang, dia banyak serahkan ini ke saya. Tapi, menurut saya, ini hasil akhirnya kok bukan saya banget. Tapi, ya, itu lah. Ini 'kan virtual semua harus disesuaikan. Jadi biarpun tidak seperti teater biasa, tapi ini unik," kata Rusdy.

Ada beberapa aktor dan aktris yang terlibat di proyek ini, antara lain Nala Amrytha (Purbasari), Ara Ajisiwi (Purbararang), Beyon Destiano (Lutung), Gusty Pratama (Guruminda), Alip Purnomo (Indrajaya), dan Yuliano Ho (Mbak Genderuwo). Pentas Lutung Kasarung sudah bisa dinikmati di Youtube Indonesia Kaya.

Saksikan Video Menarik Berikut ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading