Sukses

Entertainment

Mulai Berbisnis, Ronal Surapradja Modernisasi Kain Motif Nusantara

Fimela.com, Jakarta Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 memang banyak mengubah gaya berpikir masyarakat. Demikian pula yang dialami komedian Ronal Surapradja sampai akhirnya memutuskan untuk mulai berbisnis.

Pria 43 tahun itu menjadi satu dari banyak selebritas tanah air yang memilih bisnis di bidang fesyen. Bedanya, ia memilih untuk mengangkat kain motif nusantara untuk dijadikan pakaian yang bisa dikenakan untuk berbagai keperluan sehari-hari.

"Idenya karena saya mencintai budaya nusantara. Buat yang ingin bergaya tapi masih cinta sama kain nusantara, tapi modern, Lawlaka bisa menjadi alternatif. Supaya si batik dan lurik tidak hanya punya orang kampung atau orangtua saja," kata Ronal Surapradja di Plaza Senayan, Jakarta, Jumat (18/12/2020).

Libatkan UMKM

Tak bergerak sendiri, pria yang juga berprofesi sebagai penyiar radio itu nyatanya juga melibatkan banyak UMKM dari berbagai daerah di Indonesia untuk produk fesyennya. Sadar akan bisnisnya yang baru merintis, Ronal pun tak segan untuk terjun langsung memantau produksi.

"Kita Memanfaatkan kain-kain nusantara. Tenun saya ambil dari pengusaha kecil, semuanya dipilih oleh saya sampai ke daerah. Kain nusantara tidak hanya batik, lurik, yang ada di pulau Jawa. Semua daerah punya kain khas," paparnya.

Investasi Masa Tua

Selain menyalurkan hobinya mengoleksi kain-kain motif nusantara, Ronal Surapradja juga mengatakan jika Lawlaka yang ia rilis merupakan salah satu investasi untuk hari tua. Ia sadar, bekerja di dunia entertainment ada batas usianya. Maka dari itu, ia memilih untuk memulai bisnis dari sekarang.

"Pas pandemi ada banyak waktu buat gambar, bikin hal yang nggak kepikiran. Kerjaan saya di depan layar ada usianya. Ada yang muda-muda, lebih murah. Kenapa tidak hal yang dari dulu hanya ide dijadiin serius? Karena pandemi. Kayaknya kalau nggak pandemi, nggak bakal deh (mulai bisnis)," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Ronal Surapradja adalah presenter, komedian dan aktor yang sudah malang melintang di dunia entertainment Indonesia.

    Ronal Surapradja

Loading