Sukses

Entertainment

Kaleidoskop 2020: Film Akbar yang Rilis di Tengah Pandemi Covid-19

Fimela.com, Jakarta Dunia perfilman menjadi salah satu hal yang terdampak Pandemi Corona Covid-19. Berjuang untuk bertahan dilakukan para sineas dengan semaksimal mungkin. Tak sedikit film Indonesia dan Mancanegara yang terpaksa menunda jadwal penayangannya.

Kini sejumlah bioskop sudah diizinkan beroperasi kembali. Namun sebelumnya, di saat bioskop harus tutup, para tim produksi mencari jalan lain dengan menayangkan film-film mereka di layanan streaming. Pastinya mereka juga ingin menyuguhkan hiburan untuk masyarakat di situasi pandemi ini, dan harus banyak menghabiskan waktu di rumah.

Berikut adalah sederet film akbar Indonesia dan Mancanegara yang dirilis di tengah pandemi Covid-19 ini. Beberapa di antaranya tayang di platform streaming, namun ada juga yang segera rilis dan ditayangkan di bioskop di penghujung tahun 2020 ini.

Film Indonesia yang Hadir di Tengah Pandemi Covid-19

1. Guru-Guru Gokil

Awalnya, film Guru-Guru Gokil direncanakan tayang di bioskop pada April 2020 lalu. Namun saat itu hampir seluruh bagian bumi ini dilanda pandemi Covid. Alhasil terpaksa ditunda tayang. Melihat situasi yang tak kunjung membaik, akhirnya diputuskan film debut Dian Sastrowardoyo menjadi sutradara ini tayang di layanan streaming Netflix.

Bertepatan dengan hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2020, film Guru-Guru Gokil tayang di Netflix. Selain diwarnai akting para bintang yang luar biasa. Jalan cerita film ini juga sangat menarik dan banyak pelajaran yang bisa dipetik di dalamnya. Yakni mengenai sisi lain dari kehidupan para guru yang belum pernah tersorot sebelumnya.

Film ini dibintangi Dian Sastrowardoyo, Gading Marten, Faradina Mufti, Boris Bokir, Asri Welas dan masih banyak lagi. Nah, dipinang menjadi film original Netflix, Guru-Guru Gokil tayang secara eksklusif di 190 negara dan 17 alih bahasa. Penasaran? Yuk saksikan di Netflix.

2. Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi

Bulan Oktober 2020 lalu, film berjudul Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi tayang di layanan streaming Netflix. Mengisahkan tentang "friendzone" atau situasi persahabatan yang terjebak dalam percintaan. Pastinya sangat berkaitan dengan kehidupan sekarang ini, terutama para kaum muda.

Film original Netflix ini merupakan arahan sutradara Lasja F. Susatyo dengan penulis naskahnya Upi Avianto dan Piu Syarief. Untuk jalan ceritanya sendiri diadaptasi dari buku yang berjudul sama, karya Boy Candra.

Menjadi tayangan menarik untuk disaksikan, dan menjadi teman di tengah pandemi ini. Pasalnya mengangkat tentang kisah cinta yang lebih dewasa. Suasana romantisnya bukan lagi di kalangan anak SMA, melainkan kuliah.

Film "Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi" dibintangi oleh Jefri Nichol, Aurora Ribero, Rebecca Klopper, Karina Suwandi dan bintang lainnya.

3. Story of Kale

Selanjutnya ada film Story of Kale yang juga tayang di bulan Oktober lalu. Film yang satu ini dapat disaksikan di layanan streaming Bioskop Online. Untuk pemeran di dalamnya, ada Ardhito Pramono sebagai Kale dan Aurelie Moeremans menjadi kekasih Kale, bernama Dinda.

Memilki judul lengkap Story of Kale: When Someone's in Love, film spin-off dari Nanti Kita Cerita Tentang Hari ini merupakan garapan sutradara Angga Dwimas Sasongko di bawah rumah produksi Visinema Pictures.

Untuk ceritanya sendiri, mengisahkan tentang kehidupan asmara Kale sebelum bertemu Awan (di film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini). Yakni pertemuan Kale dengan Dinda hingga keduanya menjalin hubungan spesial yang kemudian menghadapi berbagai konflik.

4. Asih 2

Jika tiga film sebelumnya tayang di layanan streaming, berbeda dengan film bergenre Horor yang berjudul Asih 2. Pasalnya, Kamis, 24 Desember 2020, Asih 2 akan tayang secara serentak di bioskop Indonesia.

Disutradarai Rizal Mantovani dan dibintangi Marsha Timothy, Ario Bayu, Ananta Rezky, Shareefa Danish, film Asih 2 merupakan sekuel dari film Asih yang dirilis pada 2018 lalu. Tentunya diadaptasi dari cerita novel karya Risa Saraswati.

Film Asih 2 mengisahkan tentang anak keil yang tertabrak mobil dan dibawa ke rumah sakit. Kemudian anak tersebut dirawat seorang dokter bernama Sylvia (Marsha Timothy). Lalu Sylvia dan suami (Ario Bayu) memutuskan mengadopsi anak tersebut. Tak sesuai yang diharapkan, setelah kehadiran anak tersebut justru menimbulkan kejadian-kejadian aneh di kediaman mereka. Penasaran? Jangan lupa saksikan di bioskop mulai 24 Desember 2020!

5. Generasi 90an: Melankolia

Film bertajuk Generasi 90an: Melankolia menjadi salah satu film yang ditunda jadwal tayangnya akibat Pandemi. Semula direncanakan tayang di Bioskop pada bulan April 2020 lalu, namun akhirnya terpaksa dibatalkan. Namun besok, Kamis (24/12/2020), Generasi 90an: Melankolia akan tayang di seluruh bioskop Indonesia.

Kisahnya sendiri diadaptasi dari buku berjudul "Generasi 90an" karya Marchella FP. Menceritakan anak laki-laki bernama Abby (Ari Irham) yang kehilangan sang kakak, Indah (Aghniny Haque) akibat kecelakaan pesawat. Setelah kepergian kakaknya, Abby merasa kehilangan dan sulit menerima kenyataan.

Film Generasi 90an: Melankolia ini dibintangi Ari Irham, Aghniny Haque, Jennifer Coppen, Taskya Namya dan masih banyak lagi.

Film Hollywood di Tengah Pandemi Covid-19

1. Enola Holmes

Film Enola Holmes, rilis di Netflix pada bulan September 2020 lalu pantas menjadi tontonan yang menemani di tengah pandemi ini. Kisahnya yang menarik menceritakan tentang detektif perempuan berusia remaja.

Sederet misteri terpecahkan oleh gadis yang merupakan adik perempuan Sherlock Holmes ini. Mengingat film garapan sutradara Harry Bradbeer ini merupakan spin-off dari cerita Sherlock Holmes. Untuk ceritanya sendiri ditulis oleh Jack Thorne.

Film yang dibintangi Milly Bobby Brown ini bergenre adventures, drama dan crime.

2. The Christmas Chronicles 2

Dalam rangka menyambut hari Natal di tahun 2020 ini, film The Christmas Chronicles 2 hadir menemani. Sejak bulan November lalu, film ini sudah bisa disaksikan di platform Netflix.

Mengisahkan tentang petualangan bersama Santa Claus di malam Natal, di film ini juga menyuguhkan petualangan yang seru dan kental bernuansa film natal era 90an. Teddy Pierce tak percaya dengan keajaiban Natal sejak sang ayah meninggal dunia. Ia pun tak lagi menulis surat untuk Santa di setiap tahun. Berbeda dengan sang adik, Kate Pierce yang masih percaya tentang Santa dan keajaiban Natal lainnya.

Kate dan Teddy memulai petualangan yang tak pernah mereka duga sebelumnya. Dan hanya bisa merasakan dalam mimpi layaknya seorang anak-anak. Namun akhirnya dari petualangan tersebut, mereka menemukan banyak hal bermakna. Termasuk tentang keajaiban Natal yang sesungguhnya.

3. Excuse Me, I Love You

Bukan hanya tentang drama, namun hadir juga film yang menceritakan konser. Yakni film berjudul "Excuse Me, I Love You" mengisahkan konser Ariana Grande di London serta menceritakan tentang kehidupan di belakang panggungnya juga.

Film dokumenter musik ini dibuat untuk memperlihatkan Ariana Grande di atas panggung dan di belakang layar selama Sweetener World Tour di tahun 2019. Disutradarai oleh Paul Dugdale, film ini dirilis pada 21 Desember 2020 lalu di Netflix.

Selain itu, di film Excuse Me, I Love You ini menampilkan aspek kehidupan sang bintang, baik dalam kehidupannya di dunia musik maupun tentang kehidupan pribadinya.

4. Holidate

Di masa pandemi seperti sekarang ini tidak bisa sembarangan liburan. Namun lewat film Holidate nampaknya bisa merasakan momen liburan secara virtual. Namun liburan di film ini sungguh berbeda dari biasanya.

Selalu ditanya tentang kisah cintanya oleh para anggota keluarganya, perempuan bernama Sloane (Emma Roberts) mulai merasa jenuh. Di saat malam Natal, Bibi Susan (Kristin Chenoweth) memberikan ide untuk Sloane untuk pergi liburan dan mencari laki-laki menjadi "Holidate-nya".

Takdir mempertemukan Sloane dengan laki-laki bernama Jackson (Luke Bracey) yang ternyata juga bosan dengan kesendiriannya. Mereka pun membuat sebuah perjanjian dengan rencana yang sudah disusunnya.

5. Mulan

Nah, ini nih yang paling ditunggu-tunggu. Film Live action Mulan yang sudah dinantikan banyak orang. Akhirnya rilis juga, meski tak bisa hadir di layar bioskop. Untuk menyaksikannya, film Mulan hadir di layanan streaming Disney+.

Film Mulan mengisahkan tentang perempuan muda yang menyamar menjadi laki-laki agar bisa bertarung menggantikan ayahnya. Di versi ini, fokus pada momen saat Kekaisaran Cina diserang Bangsa Hun dari utara. Kemudian diharuskan setiap keluarga menurunkan satu laki-laki untuk berjuang di medan perang.

Lantaran di keluarga Mulan tidak ada anggota keluarga laki-laki selain ayahnya. Akhirnya Mulan bertekad kabur dari rumah dan menggantikan sang ayah yang sudah lanjut usia dan tak memungkinkan kondisinya untuk ikut perang. Makin penasaran? Film Mulan ini pastinya bisa banget menjadi teman di kala jenuh menghadapi situasi tak menentu sekarang ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading