Sukses

Entertainment

Jelang HUT RI, Rossa Hingga Kunto Aji Angkat Suara Soal Kemerdekaan dalam Bermusik

Fimela.com, Jakarta Musisi ternama, Rossa hingga Kunto Aji angkat suara soal kemerdekaan dalam bermusik menjelang HUT RI ke-76 yang bakal dirayakan pada 17 Agustus 2021. Menurut Kunto, untuk saat ini para musisi telah mendapatkan hak dalam berkarya.

Hal ini terlihat dari musisi Tanah Air yang telah merdeka dalam menyuarakan semua karyanya, baik yang independen atau tergabung di label.

"Menurut gue kondisinya membaik karena 'pintu' tidak cuma satu. Banyak platform yang mendukung musisi untuk memasarkan karya ke pendengar. Lebih beragam, variatif, dan ada kesempatan yang sama untuk semua orang," ujar Kunto Aji saat konferensi pers virtual Ressonited, Jumat (13/8/2021).

Pendapat Rossa

Di acara yang sama, Rossa sependapat dengan Kunto Aji. Menurutnya, kini mulai banyak bermunculan musisi yang bisa berkarya sesuai dengan selera mereka masing-masing.

"Menurut aku musik di Indonesia lebih maju daripada negara-negara lain di Asia Tenggara. Ini sangat memacu musisi untuk semangat bikin karya. Aku bersyukur banget bisa bermusik di Indonesia," kata pelantun Pudar itu.

Selanjutnya, ibu satu anak itu juga mengucapkan syukur karena apa yang disuguhkan para musisi, kini ada saja pendengarnya.

"Apapun yang kita suguhkan ada saja pendengarnya. Gak mengkotak-kotakkan, oh ini indie, major label. Mau penyanyinya baru sekalipun kalau bagus ya didengarkan, ditonton. Meskipun cuma diposting di Youtube," tambahnya.

Pendapat Dipha Barus

Selain mereka, Dipha Barus juga menilai saat ini para musisi Tanah Air sudah merdeka berkarya sesuai dengan isi hatinya. Tetapi terkadang pihak yang mengganggu kemerdekaan itu sendiri adalah diri sendiri yang kurang percaya diri.

"Terkadang terlalu mikir apakah karya bisa diterima atau tidak. Padahal itu bukan porsi dan kapasitas musisi, yang penting jujur menyampaikan pesan lewat karya," tutur Dipha Barus di acara yang sama.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Selain Rossa, 5 Artis Indonesia Ini Bangun Rumah Mewah untuk Orangtua
Artikel Selanjutnya
5 Potret Rumah Super Mewah Hadiah Rossa untuk Orangtua