Sukses

Entertainment

Pro Kontra Saipul Jamil Keluar Penjara, Ada Seruan Boikot, Komentar KPI, dan Pembelaan Rekan Artis

Fimela.com, Jakarta Saipul Jamil telah bebas murni setelah menjalani hukuman penjara atas kasus yang menjeratnya terkait asusila dan suap. Ia yang merasa terbebas dari kurungan setelah bertahun-tahun di dalam bui akhirnya bisa menghirup udara segar.

Tentu saja sebuah perasaan bahagia yang tak bisa diterjemahkan dengan kata bagi Saipul Jamil dan juga keluarga. Namun, di balik kebahagiaannya itu, ada aksi kontra terkait kebebasannya yang seolah disambut hangat dan meriah oleh televisi.

Sampai akhirnya kebebasan Saipul Jamil ini membuat pro kontra di masyarakat. Banyak orang termasuk pakar yang ikut berkomentar terkait bebasnya Saipul Jamil. Juga ada aksi boikot dan lain sebagainya.

Berikut adalah pro kontra dan tanggapan beberapa lembaga terkait, juga teman artis atas bebasnya Saipul Jamil, dirangkum dari berbagai sumber.

Boikot Saipul Jamil

Dalam situs chnge.org, muncul petisi yang berisi tentang aksi boikot Saipul Jamil dari acara televisi dan juga YouTube. Dalam keterangan petisi tersebut, dituliskan pernyataan yang mempertanyakan, 'Apakah pelaku pedofilia pantas mendapatkan panggung di dunia pertelevisian atau Youtube?'

"Apakah dunia entertainment Indonesia akan mati hanya karena tidak mengundang Saipul Jamil? Apakah pelaku pedofilia layak dijadikan contoh bagi masa depan Indonesia? Apakah tidak sebaiknya kita menghargai proses traumatik korban pedofilia Saipul Jamil?" tulis keterangan petisi tersebut.

Kata Seksolog

Kebebasan Saipul Jamil yang seolah diarak dan disambut sedemikian rupa membuat Seksolog Zoya Amirin memberikan komentar pedas. Ia jadi salah satu yang mendukung soal boikot public figure yang terseret kasus pelecehan seksual dan pedofilia untuk tidak kembali muncul di televisi.

"Saatnya cancel culture yang tepat sasaran! Cancel Pelaku Pedophilia di Televisi Nasional #CancelPedophildiTVNasional," tulis Zoya Amirin dalam unggahan di laman Instagramnya.

Kata Pakar Hukum

Pakar hukum pidana, Abdul Fickar Hajar ikut bicara terkait kebebasan Saipul Jamil. Abdul Fickar merasa heran saat mengetahui Saipul Jamil disambut meriah oleh penggemarnya di depan Lapas Cipinang saat bebas.

"Kita heran kenapa masyarakat kita terutama para penggemar si artis itu," kata Abdul Fickar, dikutip dalam video yang diunggah di kanal YouTube Intens Investigasi, Jumat (3/9/2021).

"Padahal dia dihukum karena melakukan tindak pidana yang perbuatan tercela sebenarnya. Tindak pidana yang merusak seumpamanya masa depan anak-anak dan sebagainya, itu yang saya sayangkan," sambungnya.

KPI Angkat Bicara

Sementara itu Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Agung Suprio juga ikut berkomentar mengenai adanya pro dan kontra di masyarakat tersebut. Menurutnya, KPI tidak melarang Saipul Jamil untuk kembali tampil di televisi.

"KPI punya pedoman standar penyiaran P3SPS yang mengatur tayangan di televisi maupun radio. P3SPS tidak melarang artis ataupun orang yang karena masa lalunya pernah dipenjara, untuk tidak boleh tampil di layar kaca. Jadi sekali lagi saya tegaskan, tidak ada larangan untuk artis yang punya masalah, pernah dipenjara," paparnya.

"Kedua, saya mengimbau kepada pihak televisi agar, ketika menayangkan kembali artis yang pernah dipenjara atas kesalahannya itu, tolong ditampilkan agar artis itu menyatakan, dia merasa bersalah atas perilakunya di masa silam yang menyebabkan mereka dipenjara," tegasnya.

Artis Bicara

Sebagai rekan sesama artis, Inul Daratsita pun ikut angkat bicara terkait adanya warganet yang menyerang Saipul Jamil usai kebebasannya. Ia berharap netizen tak lagi mengungkit masa lalu Saipul Jamil, dan membiarkan sang pedangdut kembali menata hidupnya.

"Pesan buat para netizen, atau orang-orang yang bully abang, gue gak suka banget karena dia udah sekolah, jadi gak perlu ditambahin lagi masalah-masalah kemarin diungkit-ungkit," ujar Inul dikutip dari kanal YouTube Populer Seleb.

"Biarkan dia eksis, biarkan dia menjalankan kehidupannya lagi, dia udah cukup berat untuk sekolah, dan itu pengalaman yang cukup bagus sekali, mudah-mudahan netizen juga paham. Biarkan kehidupan Bang Ipul sesuai yang dia mau, sekarang dia mau menjalankan kehidupannya bisa normal kembali," katanya menambahkan.

Tanggapan Keluarga

Keluarga Saipul Jamil menyayangkan ketika ada aksi boikot untuk mantan suami Dewi Perssik itu. Kakak Saipul Jamil, Samsul Hidayatullah mengatakan bahwa pihak keluarga menyayangkan hal tersebut.

"Harusnya tidak terjadi hal seperti itu karena mereka enggak tahu soal fakta-fakta persidangannya, Saya pribadi sangat prihatin karena masih ada orang-orang yang menilai buruk Saipul. Padahal apa yang terjadi tidak seperti ramai diberitakan," tuturnya.

Saipul Jamil Santai

Lalu bagaimana dengan sikap Saipul Jamil atas pro dan kontra terkait dirinya? Rupanya menurut pedangdut yang akrab disapa Bang Ipul itu, dia tak masalah dengan adanya pro kontra.

"Sebenarnya dulu juga saya ada pro dan kontra gitu kan. Cuman ya kayak gitu saya tuh orangnya masa bodoh, lo ngomongin gue bodo amat. Nah itu lagunya ngetrend sekarang," kata Saipul Jamil di Gedung Transmedia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading