Sukses

Entertainment

Cara Mona Ratuliu Ciptakan Hari Penuh Cinta dalam Keluarga

Fimela.com, Jakarta Di masa pandemi dimana orang tua banyak menghabiskan waktu di rumah, sejatinya banyak momen-momen dalam masa tumbuh kembang anak yang dapat secara langsung dilihat dan dialami bersama. Namun, menciptakan hari penuh cinta dalam keluarga menurut Mona Ratuliu tak semudah membalikkan telapak tangan.

Karena, meski terkesan simpel namun hal itu sangat dalam maknanya. "Ga mudah juga bonding time. Kadang dengan kesibukan kita, mau main bareng ama anak, tapi ternyata pikiran kita kemana-mana. Anak jadi main sendiri," kata Mona Ratuliu di acara Cussons Hari Penuh Cinta Bintang Kecil 2021.

Sebagai orangtua, menyediakan hati penuh cinta bagi anak, dalam setiap kesempatan merupakan hal yang perlu dilakukan. Mona Ratuliu menambahkan jika emang butuh belajar untuk bisa menjadi orangtua yang bisa mencurahkan hati dan kasih sayang sebagai cara bonding dengan anak.

"Belajar memarkirkan hati dan pikiran, menyediakan saat bermain dengan hati. Ga mudah memang, dan ga langsung bisa. Dan meskipun sebentar, itu lebih berkualitas, daripada pikiran kita kemana-mana saat bersama anak," papar Mona Ratuliu.

Tips Terciptanya Bonding Time

Dengan berbagai penyesuaian ketika banyak berada di rumah, tentunya banyak kebiasaan keluarga yang disesuaikan dengan kondisi yang ada. Saat ini, orang tua bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin saat berada di rumah untuk perkuat bonding dengan anaknya.

Ada banyak cara untuk melakukan hal tersebut dimulai dari hal kecil seperti membuat rutinitas makan bersama, perbanyak sentuhan fisik antara orang tua dan anak, membaca dan bermain bersama dan juga beragam aktivitas yang dapat dilakukan di rumah.

“Ikatan antara orang tua dan anak dapat dibangun melalui momen-momen kebersamaan sehari-hari. Contohnya dengan makan bersama, membacakancerita maupun saat orang tua memandikan anak. Buatlah momen-momen tersebut menjadi ritual dalam keseharian dimana dapat terbangunnya kedekatan dan kehangatan melalui kontak fisik. Hal inilah yang kemudian dapat membuat anak merasa aman dan tenang di masa-masa sulit sekalipun,” ucap Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi.

Demikian pula dengan Mona Ratuliu yang berusaha untuk menciptakan hari penuh cinta bersama dengan anak-anaknya. Ia menyadari bahwa anak-anaknya sudah sangat bervariasi dari segi usia. Karenanya, treatmen berbeda pun diberikannya.

"Setiap hari harus penuh cinta. Mengisi hati dan jiwa anak dengan cinta. Ga perlu hari khusus. Memenuhi kebutuhan mereka dengan cinta, dengan bonding time dan lainnya. Segala aktivitas bisa dilakukan dengan penuh cinta. Jadi setiap hari adalah hari penuh cinta dengan anak," ucapnya.

"Contohnya kalau yang paling besar dengan kuliner, makan lalu curhat, yang kedua laki-laki sukanya nonton film bareng, lalu yang 11 tahun main game. Sementara Numa jadi magnet buat ngumpul. Kalau waktu terbatas, kita gilir aja. Jadi emang treatmentnya beda-beda," imbuh Mona.

Dukung Tumbuh Kembang

Apa yang dilakukan oleh Mona Ratuliu ini juga sejalan dengan Cussons Bintang Kecil 2021 (CBK 2021) yang merupakan ajang inspirasi terbesar bagi keluarga di Indonesia untuk kesepuluh kalinya. Sepuluh tahun sudah Cussons Bintang Kecil menemani dan menginspirasi keluarga di Indonesia dengan mendukung tumbuh kembang anak melalui aktivitas-aktivitas yang seru dan kreatif.

CBK 2021 ini merupakan sebuah sarana yang tepat untuk orang tua dalam memberikan ruang gerak anak yang edukatif sekaligus mengabadikan momen kebersamaan keluarga di masa pandemi sesuai dengan kelompok usianya. Dengan mengajak orang tua mengabadikan momen berharga tumbuh kembang anak sesuai dengan usianya, Cussons mempersembahkan total hadiah senilai 1 Miliar Rupiah untuk periode 10 Oktober 2020 hingga 05 Desember 2021.

"Melalui CBK 2021, Cussons berharap dapat terus mendampingi proses tumbuh kembang anak, sertamemberikan metode pendampingan baru yang edukatif kepada para orang tua. Saat ini dunia sedang melaluiproses penyembuhan dari pandemi yang melanda. Kami juga berharap melalui ajang ini, kami dapat berbagidengan sesama keluarga Indonesia yang mungkin lebih membutuhkan di masa sekarang," kata Brand Manager Cussons Kids Indonesia, Seila Pramadania.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading