Sukses

Entertainment

Paul McCartney Sebut John Lennon Penyebab Pecahnya The Beatles

Fimela.com, Jakarta Grup band legendaris The Beatles telah mengakhiri karier mereka puluhan tahun silam. Namun, legacy dan sejarah tentang band ikois ini masih seru untuk dibicarakan. Salah satunya adalah ketika Paul McCartney menguak kisah di balik perpecahan band tersebut pada 1970.

Selama ini, Paul McCartney disebut sebagai sosok di balik bubarnya The Beatles. Namun, dalam wawancara dengan BBC Radio 4, ia mengungkapkan bahwa John Lennon yang menghasut perpecahan tersebut.

“Bukan aku yang memicu perpecahan tersebut, tapi John Lennon,” ujarnya, dilansir dari The Guardian, Selasa (12/10).

Paul melanjutkan kisahnya, menceritakan kejadian yang masih ia ingat. “Suatu hari John masuk ke sebuah ruangan dan berkata bahwa ia akan meninggalkan The Beatles. Apakah itu memicu perpecahan, atau tidak?,” lanjutnya.

 

Mencoba Bertahan

 

Alasan di balik keputusan John tersebut adalah keinginannya untuk memulai hidup baru dengan istrinya, Yoko Ono. Ditambah lagi, John dibesarkan dengan metode asuh yang cukup represif, sehingga ia selalu ingin merasa bebas dan memiliki kehidupan sendiri.

Keputusan John untuk meninggalkan The Beatles hanya berdasarkan keinginan sepihak. Pasalnya, Paul dan personel The Beatles lainnya ingin band tersebut terus berlanjut, mengingat mereka sedang berada di masa kejayaan dengan album legendaris mereka, seperti “Abbey Road” dan “Let It Be”.

Paul juga mendeskripsikan masa-masa tersebut sangat mendebarkan. “Rasanya seperti sedang menjalani perceraian,” ujarnya. Sedangkan personel lainnya merasa terbebani karena harus membuat situasi tampak baik-baik saja setelah band tersebut hancur.

Kabar yang selama ini beredar di kalangan penggemar mengatakan bahwa Paul secara sepihak membubarkan The Beatles pada 1970. Musisi 79 tahun tersebut juga dituduh merusak dinamika kelompok dengan meminta seorang pengacara untuk menyelesaikan perselisihan mereka kala itu.

 

Harus Berpura-Pura

Bubar di tengah masa kejayaan bukanlah keputusan yang tepat bagi The Beatles. Allen Klein, manajer band tersebut meminta kepada para anggota band untuk tidak buka suara terkait bubarnya band. Hal tersebut harus dilakukan karena masih ada beberapa kesepakatan bisnis yang harus dijalankan.

“Agak aneh karena kita semua tahu itu adalah akhir dari The Beatles, tetapi kita tidak bisa pergi begitu saja,” ujar Paul.

Paul juga menambahkan, ia akan membahas sebuah lagu yang belum pernah direkam yang berjudul “Tell Me Who He Is”. Lagu tersebut ditulis oleh dirinya dan John Lennon, tetapi ia belum pernah melihat lirik lagu tersebut lagi selama 60 tahun.

Meski bubarnya band legendaris ini menuai kontroversi, lagu-lagu mereka seperti “Hey Jude”, “Let It Be”, dan “Here Comes the Sun” masih sering dimainkan di berbagai belahan dunia.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Gunakan Bahasa Jawa dan Indonesia, John Lennon Curi Perhatian Warganet