Sukses

Entertainment

Series Once Upon a Time in Chinatown Suguhkan Kisah Cap Gomeh dan Barongsai di Episode 2

Fimela.com, Jakarta Original series Once Upon a Time in Chinatown merupakan docuseries yang diinisiasi oleh Sheila Timothy dan juga Zack Lee. Once Upon a Time in Chinatown mengisahkan rangkaian perjalanan restoran-restoran legendaris yang lekat dengan budaya Tionghoa di kawasan Kota, Jakarta.

Ada 7 restoran yang menjadi esensi utama cerita yang akan digali oleh Zack Lee sebagai pembawa acara. Ada Siauw A Tjiap, Lomie Amen Pinangsia, Bakmie Acang, Bakmie Encim Anggur, Kwetiau Sapi 78, Nasi Ayam Hainam Apollo, dan Ketupat Cap Go Meh.

Pada episode 2 series yang juga disutradarai oleh Sheila Timothy dan Zack Lee itu mengulas kisah rumah makan Ketupat Cap Gomeh Gloria 65. Resep Ketupat Cap Gomeh satu ini dirintis oleh Ny. Kartika Tjandra pada tahun 1963 dan diteruskan hingga sekarang oleh anaknya, Soejono Tjandra.

Khas Indonesia

Soejono menjelaskan bahwa ketupat memiliki image yang khas Indonesia. Hal tersebut kemudian diungkit di episode ini oleh Chef William Wongso sebagai pakar kuliner Indonesia, yang mengatakan bahwa ketupat cap gomeh merupakan semacam akulturasi (percampuran) budaya Tionghoa dan Indonesia.

“Enggak tahu persis sejarahnya lontong cap gomeh, karena di Singapura saja enggak ada. Namun, di Indonesia ada lontong sayur. Jadi, kemungkinan kapiten-kapiten Chinese di Indonesia menambah lauk-pauk lainnya ke lontong sayur yang simple itu,” ujarnya.

Hanya di Indonesia

Selain itu, istilah cap gomeh sendiri ternyata hanya ada di Indonesia saja. Istilah asal Hokkien tersebut adalah nama untuk malam ke-15 perayaan Imlek, yang biasanya dirayakan dengan barongsai.

Barongsai sendiri juga merupakan sebuah istilah hasil akulturasi budaya Tionghoa dan Indonesia. Oleh karena itu, yayasan barongsai Kong Ha Hong juga ditampilkan di episode ini untuk memperlihatkan sisi lain percampuran budaya di Indonesia.

Ingin tahu lebih lengkapnya tentang sejarah Restoran Ketupat Cap Gomeh Gloria 65 dan bagaimana barongsai dan cap gomeh bisa dianggap sebagai akulturasi budaya? Nonton episode 2 Vision+ Originals Once Upon a Time in Chinatown secara gratis dan eksklusif.

What's On Fimela
Loading

Live Streaming

Powered by