Sukses

Entertainment

Film Animasi Karya Anak Bangsa, Riki Rhino Sukses Tembus Pasar Internasional

Fimela.com, Jakarta Film animasi karya anak bangsa, Riki Rhino mendapat apresiasi dari dunia internasional. Film produksi Batavia Pictures yang sempat tayang di Indonesia pada 27 Februari 2020 lalu tersebut skan diputar dalam versi internasional di beberapa negara belahan dunia seperti Inggris, Turki, Afrika dan beberapa negara di kawasan Amerika Selatan.

Untuk versi internasional, khususnya negara-negara yang berbahasa Inggris, film Riki Rhino melibatkan dua nama populer, yakni Jennifer Castle yang mengisi suara karakter Riki dan Paul Reynolds yang akan menjadi pengisi suara karakter Beni.

Produser film Riki Rhino, Lucky Lukman Hakim mengatakan perjalanan film animasi yang bertemakan komedi keluarga itu di kancah Internasional akan dimulai dari Inggris dan beberapa negara Uni Eropa lainnya. Setelah itu, mereka akan berkeliling ke beberapa negara di benua lainnya, termasuk ikut dalam festival film berskala kecil untuk bertemu calon-calon distributor yang bisa membawa film Riki Rhino ke jangkauan yang lebih luas lagi.

"Tidak mudah untuk film lokal ke internasional, apalagi dengan tema satwa langka. Dan Internasional lihat topiknya menarik. Kita bicara dengan beberapa pihak, yang deal di Eropa, Inggris. Di tayangkan di UK danan beberapa negara Eropa lain. Selain itu ada di Afrika, di Amerika latin, dan Turki. Bulan depan kita rencana ke Amerika, itu di Hollywood ada festival kecil, kita akan bicara dengan beberapa distributor di Hollywood. Mudah-mudahan film ini digemari di pasar Internasional," kata Lucky Lukman Hakim saat konferensi pers di Allianz Ecopark Ancol, Jakarta Utara, Rabu (27/10/2021).

 

Hadir di Platform Streaming

Selain berkonsep animasi yang menghibur, film Riki Rhino juga kental dengan pesan kesadaran konservasi yang melibatkan peran keluarga dalam mengedukasi anak-anak tentang pentingnya menjaga keseimbangan alam sejak dini. Maka dari itu, Riki Rhino juga akan menjangkau masyarakat Indonesia dalam format streaming melalui aplikasi MAXstream dari Telkomsel.

"Mengingat pentingnya prokes dalam keadaan pandemi seperti saat ini, kita hadirkan Riki Rhino ke rumah mulai 15 November 2021," lanjut Lucky.

Jadi Karakter Game

Selain sebagai tontonan, film Riki Rhino juga akan dikembangkan ke dalam berbagai bentuk entertainment, salah satunya menjadi karakter game interaktif. Hal itu disampaikan Genesis Timotius yang juga bertindak sebagai produser Riki Rhino dalam kesempatan yang sama.

"Pengembangan Riki Rhino ini memang berfokus pada distribusi luar negeri. Format lainnya, kita mengembangkan dalam bentuk game. Game ini dilaunching mudah-mudahan tahun depan di Nintendo Switch, kenapa? kita melihat banyak konsen dengan orangtua, kebanyakan mereka main sendiri. Ini game bersifat kerjasama, harapannya anak dan orangtua bisa bermain bersama," papar Genesis.

Jadi Tema Camping Ground

Tak hanya fokus memasarkan IP Riki Rhino ke pasar Internasional, Batavia Picturea pun menjalin kerjasama dengan PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk untuk menghadirkan Riki Rhino ke dunia nyata dalam bentuk restoran keluarga, cafe dan camping ground. Harapannya, dengan hadirnya Camping Ground bertema Riki Rhino, anak-anak bisa menyelaraskan fantasinya secara virtual yang dinikmati dalam tontonan dan permainan ke dunia nyata dalam bentuk merchandise dan atribut lainnya sehingga Riki Rhino bisa semakin melekat pada hati anak-anak di Indonesia, bahkan belahan dunia lainnya.

"di Ancol ini kita akan men-develop in reality (Riki Rhino). Kita bikin camping ground. Masyarakat bisa ber-€eksperience dengan Riki Rhino. Kita juga menyiapkan di resto dan kafe. Tentunya di4 dalam resto ada toko merchandise juga," kata Genesis.

"Sudah menjadi impian lama Ancol yang untuk mendukung IP Local, kami sangat bangga atas kreatifitas dari tim Batavia Pictures dengan Riki Rhino yang mencapai dunia internasional. Untuk itu kami sangat senang mewujudkan impian ini dalam bentuk tema restoran keluarga, cafe dan Riki Rhino Camping Ground di dalam Allianz Ecopark Ancol," timpal Teuku Sahir Syahali selaku Direktur Utama PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk.

What's On Fimela
Loading