Sukses

Entertainment

Apresiasi Tontonan Positif, Anugerah Lembaga Sensor Film Kembali Digelar

Fimela.com, Jakarta Lembaga Sensor Film (LSF) kembali menggelar Anugerah Lembaga Sensor Film. Anugerah Lembaga Sensor Film 2021, setelah dua tahun belakangan tak dihelat. Rencananya, acara ini akan dilangsungkan pada pertengahan November 2021.

Ketua LSF Rommy Fibri Hardiyanto mengatakan bahwa penyelenggaraan Anugerah LSF 2021 ini sebagai bentuk apresiasi terhadap tontonan yang positif kepada masyarakat.

"Ini adalah bentuk apresiasi LSF terhadap pelaku perfilman Indonesia yang sudah menyajikan tayangan-tayangan positif bagi masyarakat," kata Fibri Hardiyanto kepda awak media, baru-baru ini.

Sensor Mandiri

Tahun 2021 ini, penyelenggaraan Anugerah Lembaga Sensor Film 2021 mengusung tema Cerdas Memilah dan Memilih Tontonan. Tema ini dipilih sebagai wujud implementasi dari Budaya Sensor Mandiri yang sedang gencar disosialisasikan oleh LSF.

"Diharapkan dapat memicu pola pikir positif masyarakat dalam mendukung Budaya Sensor Mandiri sehingga tercipta kesadaran masyarakat akan tontonan yang sesuai dengan usia," lanjutnya.

Berikan Motivasi

Nantinya, berdasarkan pada tema yang diusung, LSF akan memberikan apresiasi kepada eksibitor yang memenuhi kriteria sensor mandiri dengan mengedepankan pendidikan, budaya, serta menjalankan fungsi, tujuan, asas film, dan memberi nilai tambah bagi film yang mendapatkan penghargaan.

Apresiasi yang diberikan ini diharapkan mampu memunculkan semangat dan memotivasi supaya produksi perfilman semakin baik dari segi kualitas dan kuantitas. Sementara itu dewan juri pun berasal dari beberapa elemen.

"Dewan juri sendiri ialah 17 anggota komisioner di LSF yang backgroundnya ada sineas, ada pemerintah, tokoh masyarakat dan lain-lain," tuturnya.

15 Kategori

Pada Anugerah Lembaga Sensor Film 2021 terdapat 15 kategori penghargaan yang disuguhkan. Di antaranya adalah Kategori Film Bioskop Semua Umur (SU), Film Bioskop 13+, Film Bioskop 17+, Film Animasi, dan Sinetron.

Selain itu terdapat pula Kategori Iklan Peduli Pandemi, Kategori TV Peduli Pendidikan, TV Peduli Kebudayaan, TV Peduli Nasionalisme Kebangsaan, dan TV Peduli Dokumenter Indonesia. Lalu, Kategori TV Peduli Sensor Mandiri.

Juga Bioskop Peduli Sensor Mandiri, Rumah Produksi Sadar Sensor, dan TV Lokal Sadar Sensor, serta Lifetime Achievement untuk pelaku perfilman Indonesia.

"Untuk program TV itu yang tayang pada periode 1 Januari 2020 sampai 30 Juni 2021. Yang film bioskop periode 1 Januari 2019 sampai 31 Oktober 2021. Yang film bioskop ini lebih panjang karena tayangan bioskop sangat terbatas selama pandemi," paparnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading