Sukses

Entertainment

Iqbaal Ramadhan Jadi Pelukis di Mencuri Raden Saleh

Fimela.com, Jakarta Aktor Iqbaal Ramadhan menjadi pelukis di film terbaru karya sutradara Angga Dwimas Sasongko, Mencuri Raden Saleh. Tentu saja, hal ini menjadi tantangan yang berat untuknya, karena dia pribadi tidak bisa melukis.

Di film terbarunya ini, Iqbaal berperan sebagai Piko, seorang mahasiswa seni rupa yang juga memiliki pekerjaan sampingan sebagai pelukis untuk membiayai kehidupannya.

"Piko merupakan mahasiswa seni rupa di sebuah kampus di Indonesia dan juga seorang anak yang sudah ditinggal pergi ibunya sejak kecil, sedangkan bapaknya (Dwi Sasono) di penjara karena kasus korupsi," ujar Iqbaal Ramadhan saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (17/12/2021).

"Selain menjadi mahasiswa seni rupa, Piko juga punya pekerjaan sampingan bareng sama Ucup (Angga Yunanda), untuk jadi pemalsu lukisan. Dari situ Piko membiayai kuliah dan hidup sendiri. Piko lumayan punya obsesi untuk bisa hidup bareng lagi sama bapaknya, pengin bantu bebasin bapaknya dari kasus," tambah Iqbaal.

Ikut Workshop

Demi mendalami perannya, Iqbaal Ramadhan sampai mengikuti workshop belajar menjadi pelukis selama 2 hari. Sayangnya di hari pertama, dia salah persepsi karena seharusnya dia hanya belajar menjadi pelukis bukan menjadi orang yang mahir melukis.

"Dunia lukis jarang yang gua sentuh dan gua belajar susah banget, tapi gua dapat pelajaran baru. Itu yang gua rasa. Gua ke Jogja belajar gimana caranya jadi pelukis, bukan melukis. Itu kesalahan yang gua lakukan," katanya.

"Nah ketika gua mendalami, kok gua nggak bisa-bisa, gua ke sini bukan kelas melukis, harusnya gua pelajarin gimana pelukis itu seperti apa," tambahnya.

Kemudian, di hari berikutnya, Iqbaal Ramadhan memperbaiki kesalahannya dengan berusaha menikmati kegiatan melukisnya bagaimanapun hasilnya.

"Hari kedua, gua seharian workshop dari sarapan sampai pagi lagi. Hari kedua, walau lukisan gua masih jelek, gua berusaha enjoy atas setiap goresan gua. Ya berusaha mendapatkan kenikmatan melukis," ungkap Iqbaal Ramadhan.

Saat itu, Iqbaal Ramadhan dilatih langsung oleh beberapa pelukis. Mantan personil boyband CJR ini pun sempat belajar melukis dirinya sendiri.

"Mas Warmanto (alirannya) realis, kalau Pak Dedi (alirannya) abstrak. Kalau yang di Mas Warmanto, gue sempet ngelukis sketch gue sendiri kayak self portrait gitu. Ada satu lukisan di filmnya nanti itu ada gue yang lukis tuh di situ," tuturnya.

Tentang Film

Film Mencuri Raden Saleh menceritakan sekelompok mahasiswa yang berencana mencuri lukisan bersejarah karya Raden Saleh. Menurut sang sutradara, ide film ini muncul saat melihat lukisan karya Raden Saleh yang berada di sudut keraton yang sepertinya mudah dicuri.

Angga Dwimas Sasongko kemudian mencari tahu perjalanan hidup Raden Saleh yang dikembangkan menjadi cerita film. Bahkan dia sampai butuh empat tahun untuk merampungkan skenario.

Selain Iqbaal Ramadhan, film Mencuri Raden Saleh juga dibintangi artis lainnya, seperti Angga Yunanda, Aghniny Haque, Umay Shahab, Rachel Amanda, Ari Irham, hingga Atiqah Hasiholan, Dwi Sasono dan Tio Pakusadewo.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading