Sukses

Entertainment

Percepat Pemulihan Ekonomi Sektor Perfilman, Sandiaga Uno Inisiasi Festival Film Pendek Berskala Nasional

Fimela.com, Jakarta Geliat industri perfilman di Indonesia pasca diterpa pandemi Covid-19 mulai terasa. Dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi dari sektor perfilman, Sandiaga Uno lewat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menginisiasi penyelenggaraan festival film pendek berskala nasional.

Melalui Direktorat Musik, Film, dan Animasi, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, festival film bertajuk Family Sunday Movie (FSM) 2022 dibuat sebagai bentuk komitmen Kemenparekraf untuk mengapresiasi, memfasilitasi, memperluas jaringan para filmmaker, mendukung komunitas film lokal, dan melahirkan generasi baru yang akan menjadi motor penggerak bagi industri kreatif di Indonesia.

Ajang ini juga bisa dijadikan wadah bagi para pelaku film di daerah untuk menghasilkan karya-karya orisinal yang berkualitas sehingga memiliki nilai jual dan mampu bersaing di kancah nasional bahkan internasional.

"Mari kita manfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya agar menjadi solusi di tengah keterbatasan. Bersama kita berkreasi, menciptakan karya-karya hebat, dan bermanfaat supaya lapangan kerja bisa terbuka untuk masyarakat luas," ujar Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis yang diterima FIMELA.

 

Terbuka Untuk Umum

Menjadi festival film berskala nasional, FSM terbuka untuk siapa saja dari seluruh wilayah Indonesia untuk berpartisipasi. Syaratnya sutradara, produser, dan penulis naskah dalam film yang didaftarkan adalah Warga Negara Indonesia atau berdomisili di Indonesia. Di samping itu, kategori film pendek adalah fiksi atau dokumenter yang pembuatannya dilakukan di Indonesia, bertema apapun selama tidak mengandung unsur SARA.

"Melalui FSM, para filmmaker juga bisa belajar mendistribusikan hasil karya yang nantinya akan meningkatkan performa komunitas," tuturnya.

Untuk Pemenang

Nantinya, 2 film pendek yang terpilih setiap bulannya akan mendapat sejumlah keuntungan seperti sertifikat, uang tunai, merchandise, publikasi, dan hadir dalam acara Meet & Greet bersama Menteri Sandiaga Uno, pejabat terkait, dan para sineas nasional secara virtual yang disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Di samping itu, Setiap film terpilih secara otomatis akan menjadi nominasi di malam puncak penghargaan FSM yang diadakan pada bulan November mendatang. Proses pendaftarannya sendiri dibuka mulai tanggal 2 sampai 12 Februari 2022 melalui website familysundaymovie(.)com.

"Jangan lewatkan kesempatan ini. Melalui film pendek jadilah agen perubahan ekonomi kreatif Indonesia," pungkasnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading