Sukses

Entertainment

Film Horor yang Angkat Kearifan Lokal Bali Siap Diproduksi

Fimela.com, Jakarta Selain keindahan alamnya, Pulau Dewata, Bali juga lekat dengan kearifan lokal yang berkaitan dengan unsur spiritual. Satu hal yang kemudian kerap menjadi buah bibir dari kearifan lokal Bali yaitu makhluk mistis yang bernama leak. Guna memberikan wawasan lebih ke publik, sebuah film yang bercerita tentang makhluk legendaris di Bali itu pun siap diproduksi. 

Iarah rumah produksi Skyline Film dan Jegon Film yang berinisiatif mengangkat leak menjadi garis besar cerita film berjudul Leak Kajeng Kliwon. Ceritanya sendiri ditulis berdasarkan kejadian nyata warga lokal Bali yang mengalami pengalaman langsung berinteraksi dengan makhluk halus tersebut.

"Kita mau angkat kearifan lokal di Bali, yaitu leak. Saya dapat buku yang diketik langsung oleh orangnya karena ini diangkat dari kisah nyata, jadi tertarik," kata Mimi Jegon selaku sutradara.

"Leak itu kuat di saat-saat tertentu, di Bali mereka nunjukin diri itu biasa," lanjutnya kemudian.

 

 

Jajaran Pemain

Film Leak Kajeng Kliwon sendiri baru akan memulai syuting pada bulan Mei 2022 mendatang. Sejumlah aktor dan aktris yang terlibat di dalamnya antara lain Kevin Gutomo, Mayang Lucyana Fitri (adik almarhumah Vanesha Angel), Dewi Yahya, Ketut Mira dan beberapa nama lainnya. 

Meski banyak menampilkan nama-nama baru, namun sutradara menyebut jika hal tersebut lebih berkaitan dengan kebutuhan peran, termasuk dengan dilibatkannya Mayang Lucyana Fitri yang menjadi pemeran utama.

"Orang Bali mukanya kan natural, nggak trendy gitu. Aku ambil face-nya Mayang dijadiin wanita asli desa di Bali gitu. Mayang juga udah di tes casting juga dan masuk. Dia harus berakting jadi orang yang beda dari dirinya dan nggak boleh kecewain penonton," papar sang sutradara. 

"Ini kali pertama aku main layar lebar. Seneng dan bersyukur banget, aku langsung di coaching sama sutradara. Ini challenge buat aku, aku akan total di sini," timpal Mayang Lucyana. 

Ada Ritual

Nantinya, seluruh tim produksi akan menjalani proses syuting selama kurang lebih 15 hari di beberapa lokasi tradisional di Bali. Beberapa tempat yang dibocorkan akan menjadi lokasi pengambilan gambar film Leak Kajeng Kliwon adalah Kintamani, Nusa Dua dan Ubud. 

Guna mencegah terjadinya sesuatu yang tak diinginkan, sebelum proses syuting berlangsung rencananya seluruh tim produksi akan menggelar ritual yang melibatkan pemangku adat. Ni Ketut Mira, pemain yang juga memiliki ketertarikan untuk mempelajari lebih jauh tentang leak menegaskan film ini dibuat tidak untuk hal negatif, melainkan memperlihatkan kearifan lokal daerah Bali ke cakupan yang lebih luas lagi.

"Intinya biar orang mengetahui kearifan lokal di Bali," tegas Ketut Mira. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading