Sukses

Entertainment

Kiki Fatmala Ceritakan Awal Mula Divonis Kanker Paru, Sampai Tak Nafsu Makan

Fimela.com, Jakarta Artis senior Kiki Fatmala buka suara soal dirinya yang sempat divonis mengidap kanker paru-paru stadium 4 beberapa waktu lalu. Hal itu disampaikan dia di kanal YouTube Maia Al El Dul Tv. Kiki Fatmala mengatakan semua berawal dari inisiatif suami yang memasukkan cancer marker dalam daftar general checkup yang hendak dijalaninya.

Sebelumnya, Kiki Fatmala terbilang rutin menjalani general checkup tiap tahun. Namun pada tahun 2020 ia sempat absen akibat pandemi Covid-19. 

Setelah absen, akhirnya Kiki mengajak suami melakukan general chekup di salah satu rumah sakit. Mendapati dua sahabat divonis kanker, sang suami tergerak mengajak Kiki Fatmala menjalani pemeriksaan dengan cancer marker.

"Tahun 2021, aku bilang sama suami aku kita general checkup, yuk? Temannya suami aku kena sakit kanker, ada dua orang laki-laki. Terus dia bilang begini: Kayaknya kamu nanti general chekcup aku mau masukin cancer marker-nya," kata Kiki Fatmala.

Tak Pernah Terpikir Jalani Cancer Marker

Kiki Fatmala mengaku selama ini dia tidak pernah terpikir menjalani pemeriksaan dengan cancer marker karena merasa fisiknya baik-baik saja.

"Sebelum-sebelumnya tuh enggak pernah. Cuma general checkup biasa. Akhirnya dicek, kita ke rumah sakit dicek semua pas keluar hasilnya, ada sesuatu di paru-paru. Masih: apa, nih? Dilanjutin di CT Scan ternyata dokter bilang: wah ini kayaknya kanker," ujarnya. 

"Tapi belum tahu stadium berapa. Dengar kanker saja rasanya tuh duh takut. Tapi aku belum tahu kalau stadium 4," tambah Kiki Fatmala. 

Tak Nafsu Makan

Selanjutnya, Kiki Fatmala melakukan pemeriksaan medis lainnya, yaitu dengan pap scan yang hasilnya dirilis satu atau dua hari kemudian. Selama menanti hasil pap scan, Kiki Fatmala tak nafsu makan dan tak nyenyak tidur.

Melihat reaksi Kiki Fatmala, sang suami memintanya untuk tidak ikut ke rumah sakit untuk melihat hasil. Suami juga menyarankannya untuk melakukan kegiatan lainnya. 

"Pas mau ambil hasil pap scan itu, suami aku bilang begini: Sudah kamu enggak usah ikut ke rumah sakit. Kamu di rumah saja atau kamu pergi gym sana deh," katanya. 

"Pas aku pulang dari olahraga, suami aku datang. Terus dia bilang katanya begini. Dia mau ngomong stadium 4 air matanya sudah keluar belum ngomong aku sudah tahu nih," tuturnya. 

Setelah menjalani perawatan kemoterapi selama enam bulan, kini Kiki Fatmala sudah dinyatakan sembuh dari kanker paru-paru.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading