Sukses

Entertainment

Festival Orkestra Terbesar di Indonesia IOEF, Kembali Dihelat di Jakarta dan Bali

Fimela.com, Jakarta Indonesia Orchestra & Ensemble Festival (IOEF) yang merupakan program CSR dari TRUST Orchestra, kembali hadir dalam penyelenggaraan kelimanya di tahun ini. Event ini kembali hadir setelah dua tahun lamanya absen karena pandemi.

Mengusung tagline 'Rumahnya Orkestra dan Ensemble Indonesia', festival musik ini diselenggarakan untuk memacu segenap komunitas musik, khususnya grup musik besar seperti orkestra dan ensemble, untuk bangkit dan berkarya setelah tertidur selama pandemi.

“Saya ingin mengucapkan selamat karena kita mampu bertahan sejauh ini. Pandemi ini ternyata lebih panjang dari yang kita perkirakan dan berdampak sangat besar bagi pelaku bidang seni. Selama 2 tahun kita dipaksa vakum, beradaptasi dan bermanuver agar dapat tetap berkegiatan dengan aman," ujar Dr. Nathania Karina, co-Founder dan Direktur IOEF.

Dua Kota

Demi menunjukkan semangat generasi muda yang tidak terkalahkan pandemi, IOEF 2022 'come back stronger' dengan agenda di dua kota sekaligus, Jakarta dan Bali, pada akhir mingguketiga dan keempat September 2022.

IOEF Jakarta diselenggarakan pada tanggal 17-18 September di MBloc Space, Jakarta. Dengan mengusung tema ‘Back to Basic’, sesi ini diadakan dengan tujuan untuk memotivasi grup dan komunitas untuk kembali tampil secara live di hadapan publik setelah 2 tahun tidak bisa berkegiatan (latihan dan tampil).

Sementara itu, IOEF Bali diselenggarakan bukan sebatas memberikan panggung pertunjukan bagi peserta festival. Event yang diselenggarakan pada 23-25 September inijuga menawarkan beragam workshop dan masterclass, serta kelas gamelan Bali untuk memperkaya pengalaman dan wawasan bermusik setiap peserta.

Gala Konser akan menampilkan sederet lagu daerah dan nasional Indonesia yang diaransemen khusus untuk format orkestra oleh arranger-arranger muda berbakat Indonesia dan sebuah medley spesial yang menampilkan lagu tradisional Thailand dan Indonesia yaitu "LoiLoiKhratong x CingCangkeling" sebagai wujud pertukaran budaya dan persahabatan.

Banyak Dukungan

IOEF 2022 terselenggara atas dukungan berbagai pihak, salah satunya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia. Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Erwita Dianti menyampaikan bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan ini.

”Kemenparekraf mendukung penyelenggaraan IOEF 2022. Dengan adanya ajang semacam ini, talenta musik Indonesia dapat terus berkembang serta dapat menjadi wadah yang nyaman untuk berjejaring dan saling menginspirasi bagi para musisi yang terlibat di dalamnya,” ujarnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading