Sukses

Entertainment

Flow, Bentuk Halus Rasa Syukur Titi Radjo Padmaja Pada Tuhan

Fimela.com, Jakarta Titi Radjo Padmaja menasbihkan keseriusannya menjadi penyanyi dengan memperkenalkan single kedua bartajuk Flow. Sebelumnya, pertengahan 2021 lalu, Titi sudah lebih dulu menelurkan karya musik perdananya sebagai penyanyi berjudul Leave And Goodbye.

Sama seperti single perdananya, lagu Flow diciptakan perempuan 41 tahun itu dari hasil kontemplasinya selama masa pandemi Covid-19. Terlepas dari segala kesulitan yang dirasa, masa pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak awal tahun 2020 membuatnya merasa amat bersyukur.

"Waktu itu (pandemi) kan di rumah terus kan. Itu kan pukulan, termasuk untuk aku dan suami, itu buat kita banyak berpikir dan kontemplasi. Saat rasa tertekan dan sedih itu kok aku bersyukur, makanya datang inspirasi soal rasa berterima kasih. Karena apapun masalah yang kita hadapin, yang bisa nolong ya cuma Tuhan," kata Titi Radjo Padmaja saat hearing session lagu Flow bersama beberapa awak media, Selasa (4/10/2022).

"Manusia itu tools untuk membantu, menolong, dan menguatkan. Tapi intinya yang memutuskan kamu jadi kuat dan punya jalan, itu dari Tuhan," lanjutnya. 

Makna Tersirat

Fimela yang berkesempatan untuk lebih dulu mendengar secara keseluruhan lagu Flow sebelum diedarkan secara luas di platform digital streaming mendapatkan pesan mendalam yang disiratkan dalam bait liriknya. Ada ungkapan rasa nyaman, damai, dan aman yang digambarkan seorang Titi Radjo Padmaja ketika menyerahkan segala sesuatunya pada Tuhan setelah melewati banyak fase sulit di masa lalunya.

"Jadi lebih spiritual sih. Aku dulu selalu menomorsatukan manusia, let's say pasangan, anak, keluarga, lupa harusnya tuh nomor satunya Tuhan," katanya.

"Ini kan (lagu Flow) bahasa Inggris, ada kata-kata, 'You'. Kalau orang denger, ngerasa bahwa you itu adalah pasangan, karena kan (ada lirik) 'you're the one and only love', padahal itu Tuhan. Jadi itu tersirat ceritanya," papar Titi Radjo Padmaja kemudian.

Hal Lainnya

Sama seperti Leave And Goodbye, dalam penggarapan lirik lagu Flow Titi Radjo Padmaja juga dibantu oleh musisi Petra Sihombing. Hal lain yang juga menarik perhatian dari lagu tersebut adalah musik video gubahan Davy Linggar yang dianggap Titi sarat akan makna spiritual yang dilukiskan dalam bentuk tarian.

"Konsepnya sederhana banget (soal music video lagu Flow), aku pakai penari yang kece banget dan konsepnya spiritual banget, implisit lah," ucapnya sambil tersenyum.

 

What's On Fimela
Loading