Sukses

Entertainment

Marshanda Luncurkan Batik Bermotif Gelombang Otaknya di Hari Kesehatan Mental Sedunia, Siratkan Pesan Mendalam

Fimela.com, Jakarta Peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh pada 10 Oktober 2022 kemarin dirayakan dengan cara yang terbilang tak biasa oleh aktris cantik Marshanda. Diketahui sebagai salah satu pengidap bipolar disorder, mantan istri Ben Kasyafani itu meluncurkan sebuah motif batik yang diambil dari brainwave-nya.

Sekedar informasi, brainwave adalah pola ritme berulang dari aktivitas saraf di sistem saraf pusat. Adapun definisi lain, istilah yang akrab disebut gelombang otak itu adalah impuls listrik di otak. Pola tersebut lah yang kemudian dituangkan menjadi motif batik oleh Marshanda.

"Cantik banget ya batiknya, kamu pasti belum pernah melihat motif ini sebelumnya, karena motif ini cuma ada satu di dunia dan datangnya dari diri aku, dari brainwave-nya aku," kata Marshanda dalam sebuah video.

Lawan Stigma Negatif

Bukan tanpa sebab, alasan Marshanda menuangkan brainwave-nya sebagai motif batik saat peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia dilakukan dalam upayanya mengubah stigma yang ada soal pengidap gangguan kesehatan mental. Kerap dikaitkan dengan hal negatif, ibu satu anak itu ingin membuktikan jika ada suatu yang indah di balik hal tersebut.

"Lewat batik ini aku bisa tunjukkan kalau isi pikiranku itu nggak menakutkan dan bisa jadi indah. Sangat beda dengan stigma negatif yang ada," lanjutnya.

Bagian dari Kampanye

Di samping itu, peluncuran batik motif brainwave Marshanda juga merupakan bagian dari kampanye yang ia lakukan bersama TikTok. Lewat kampanye #SeeingTheUnseen, Chaca, sapaan akrabnya ingin mengajak masyarakat untuk bersama-sama saling bantu menghilangkan berbagai stigma terkait kesehatan mental.

"Dan sekarang kalian bisa melihat, apa yang selama ini tidak bisa kalian lihat. Aku Marshanda, aku terdiagnosa bipolar disorder," tutup Marshanda.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading