Sukses

Entertainment

Ki Joko Bodo tak Seram Seperti Penampilannya, Aslinya Suka Bercanda

Fimela.com, Jakarta Lama tak terdengar kabarnya, Ki Joko Bodo kembali diberitakan namun terkait kabar duka. Pria yang dahulu dikenal sebagai paranormal tersebut meninggal dunia pada Selasa, 22 November 2022. Kepergiannya pun menjadi kabar mengagetkan bagi sahabat dan rekan-rekannya.

Seperti halnya Ki Kusumo yang merupakan teman seprofesi dahulu. Ia tak menyangka atas kepergian Ki Joko Bodo untuk selamanya. Ia mengaku mendapatkan kabar dari seseorang yang menghubunginya, tapi tak dikenal nomor teleponnya.

"Jam 10 kurang, ada yang ngabari, tapi ga tahu siapa. Suara laki-laki, nada terisak, bilang Ki Kusumo, Ki Joko Bodo meninggal," demikian Ki Kusumo saat dihubungi awak media, Selasa (22/11/22).

Ki Kusumo mengaku bahwa selama ini dirinya lepas komunikasi dengan mendiang Ki Joko Bodo. Terakhir kali ia bertemu adalah saat bersama terlibat dalam produksi sebuah acara televisi.

"Terakhir itu kan ada kerjaan ke luar negeri bareng. Tapi setelah sakit sulit dihubungi. Sakitnya udah lama, cerita minta doa aja lagi sakit. sampai kabar meninggal tadi. Firasat khusus sih ga ada. Apalagi selama covid itu, ga ada blas kabarnya," sambung Ki Kusumo.

Suka Bercanda

Selama hidupnya, Ki Joko Bodo dikenal baik oleh teman-temannya, tak terkecuali Ki Kusumo. Ia menjadi saksi bahwa Ki Joko Bodo adalah seorang yang penampilannya aja seram, namun hatinya baik. Mendiang juga merupakan tipikal yang suka bercanda.

"Saya kenal beliau ewaktu tahun 90-an. Sejak dulu berkawan dalam berbagai hal, kenalnya panjang ga hanya sebentar. Pernah syuting bareng di tv, berburu bareng ke hutan. Pernah ngerjain yang berbau spiritual bersama-sama," ujar Ki Kusumo.

"Dia orangnya unik, seniman. Kadang-kadang ceplas ceplos. Apa yang dipikir, diomongin. Kalau kawan-kawan sama-sama mengerti. kadang orang awam tak tahu. Sebenernya orangnya sering bercanda dalam keseharian. Ga serem seperti penampilannya. Ia juga care ama teman," papar Ki Kusumo.

Dalami Agama

Diketahui bahwa Ki Joko Bodo lebih sering mendalami agama sebelum tutup usia. Hal ini juga diketahui oleh Ki Kusumo. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Ki Joko Bodo tersebut merupakan hal yang baik. Pemeran film Rumah Kentang itu mengatakan bahwa Ki Joko Bodo juga semakin rajin melakukan shalat.

"Memang belakangan dia lebih mendalami agama. Baik lah, setiap orang kan punya perjalanan hidup, ada fase dimana tidak baik, setengah baik dan menjadi baik. Setiap manusia kan pasti punya salah, tapi kalau udah berusaha memperbaiki diri, ya bagus. Pas sakit itu pola hidupnya berubah, lebih rajin shalatnya," sambungnya.

Ki Kusumo pun menitip doa dan juga pesan kepada keluarga yang ditinggalkan. "Pesan kepada keluarga sih yang tabah dan kuat, hadapi kenyataan dengan tawakal, semoga bisa dilapangkan kuburnya, diampuni dosanya," tuturnya.

"Beliau sekarang ga ada, semoga apa yang ditinggalkan, menjadi ladang ibadah. Saya denger tempatnya dijadikan majelis zikir. Semoga menjadi amal jariyah, dan pahalanya terus menerus," sambung Ki Kusumo.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading