Sukses

Entertainment

Hadir di IdeaFest 2022, Ronal Surapradja Sebut Teknologi Berperan Penting dalam Sebuah Komunitas

Fimela.com, Jakarta Host sekaligus member of The Prediksi, Ronal Surapradja dan Adam Saputra, VP of Marketing Communication at KapanLagi Youniverse menjadi pembicara di IdeaFest 2022 dengan tema Community Influence is The Youniverse yang digelar Jumat (25/11/2022) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

Di acara tersebut, Adam berbicara mengenai pentingnya teknologi dalam sebuah komunitas sehingga membuat brand tertarik untuk bekerjasama. Kendati begitu, menurutnya teknologi juga memiliki dampak yang buruk untuk komunitas itu sendiri.

"Kalau teknologi sih sangat amat berpengaruh ya untuk komunitas bekerjasama dengan brand. Pertama yang simple saja ada wahatsapp group, ini sangat membantu, media juga sangat membantu. Tetapi ada boomerangnya juga karena kalau di whatsapp kan ada yang nggak kenal atau join bisa jadi cuma iseng aja," ujar Adam Saputra.

Pendapat Ronal

Sependapat dengan Adam, Ronal juga mengakui teknologi memiliki pengaruh yang baik untuk sebuah komunitas agar bisa bekerjasama dengan sebuah brand. Dia juga mencontoh komunitas motornya yang diberi nama The Prediksi, di mana geng motornya itu sudah punya banyak followers hingga kerap kali ditawarkan iklan.

"Teknologi sangat berperan. Bukan hanya soal eksistensi ya, tapi kalau komunitasnya bagus punya sosial media yang gede dan banyak viewers semakin banyak adsense, semakin banyak yang nonton semakin besar yang ditawarkan untuk klien," ucapnya.

"Jadi teknologi membuka jalan. Seperti The Prediksi, si hobi motoran yang nggak jelas ini kok jadi ada uangnya, walaupun sekali lagi bukan tujuan utamanya. Benar-benar nggak nyangka," tambah Ronal.

The Prediksi

Walau banyak sponsor yang masuk, Rolan menegaskan bahwa komunitasnya bukan untuk komersil. Karena itulah mereka justru lebih menikmati kumpul bersama tanpa ada konten di dalamnya.

"Jadi tujuan awalnya dibuat komunitas ini memang bukan untuk komersil. Organik saja, dibentuk di masjid terus kepikiran buat bikin komunitas bapak-bapak yang motoran daerah rumahnya di Bintaro," ujarnya. 

"Kalau bicara komersil, kita justru selalu nolak trip yang banyak buat konten, kita tidak ingin itu, hanya untuk santai," jelas Rolan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Ronal Surapradja adalah presenter, komedian dan aktor yang sudah malang melintang di dunia entertainment Indonesia.

    Ronal Surapradja

What's On Fimela
Loading