Sukses

Entertainment

Potret Serasi Kaesang dan Erina Gudono dalam Prosesi Ngunduh Mantu

Fimela.com, Jakarta Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sudah sah menjadi suami-istri dalam prosesi akad nikah pada 10 Desember 2022 kemarin. Acara pun masih berlanjut pagi ini (11/12/2022) yakni Ngunduh Mantu.

Acara sudah dimulai sekitar pukul 7.30 pagi, dihadiri keluarga besar dan tamu-tamu undangan. Presiden Jokowi yang mantu untuk terakhir kalinya, menyampaikan pesan penting di acara yang disiarkan live SCTV tersebut.

"Kami ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, sekaligus kita merawat kebudayaan, memelihara kebudayaan, karena budaya adalah warisan para leluhur kita. Oleh sebab itu mengenalkan, mencintai budaya kita adalah sebuah kewajiban bersama," ujar Pak Jokowi.

"Oleh sebab itu, kecintaan pada budaya harus kita tunjukkan agar identitas budaya kita muncul kembali dan karakter budaya kita juga semakin kita cintai. Terima kasih," tambahnya.

Prosesi Adat

Kaesang dan Erina tampil serasi dalam busana dodotan Solo. Mereka melakukan beberapa tahapan di prosesi ini, dimulai dari pasrah panampi boyong temanten. gepyokan dan minum air putih/air zam-zam. Dan tak lupa proses menaikkan kain sindur kepada pengantin hingga keduanya berjalan menuju pelaminan.

Tahapan dilanjutkan dengan Upacara Pangabekten atau sungkeman, disusul Tumplak Punjen yakni mendengar nasihat dari ayah Kaesang Pangarep, Joko Widodo. Momen bahagia ini disaksikan segenap keluarga, termasuk cucu-cucu Presiden yakni Jan Ethes, La Lembah Manah dan Sedah Mirah.

Sambut Undangan

Kebahagiaan Kaesang dan Erina semakin jelas terlihat saat kirab berlangsung. Mereka akhirnya bisa menyapa warga Solo yang sudah ramai sedari pagi menanti iring-iringan keluarga besar presiden.

Acara akan dilanjutkan dengan resepsi pernikahan sebagai penutup. Resepsi dibuka dengan sambutan gamelan dan tarian khusus untuk merayakan kebahagiaan mempelai dan keluarga besar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading