Sukses

Fashion

Kenakan Dodotan Saat Kirab dan Ngunduh Mantu, Tampilan Kaesang dan Erina Bagai Raja dan Ratu

Fimela.com, Jakarta Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sukses terlihat bagai raja dan ratu di hari pernikahannya. Sukses menggelar akad nikah di Yogyakarta pada Sabtu (10/12/2022), Pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menggelar upacara adat ngunduh mantu di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah pada Minggu (11/12/2022). 

Menjalani upacara kirab dan ngunduh mantu pada Minggu (11/12/2022) maka baik Erina Gudono dan Kaesang Pangarep mengenakan busana adat dodotan yang membalut tubuh kedua mempelai. Erina tampil mengenakan busana Solo Basahan dengan kain dodot bernuansa hijau dengan motif blumbangan dan motif alas-alasan. Lilitan stagen, januran, dan buntal udan emas, semakin menyempurnakan penampilannya. 

 

Kaesang tampak gagah

Kaesang juga tampak gagah mengenakan busana dodot yang berpotongan kemben. Pada kesempatan ini, terlihat keluarga Presiden Jokowi yang mengenakan beskap hitap disertai bordir emas yang mewah. 

Prosesi adat tahap awal yang dilaksanakan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono adalah pasrah panampi boyong temanten, dilanjutkan adat gepyokan dan minum air putih/air zam-zam, kemudian menaikkan kain sindur kepada pengantin hingga mereka berjalan menuju pelaminan.

Setelah pengantin duduk di pelaminan, barulah setelah itu upacara Pangabekten atau sungkeman dilaksanakan, disusul oleh Tumplak Punjen yang dilaksanakan dengan mendengar nasihat dari ayah Kaesang Pangarep, Joko Widodo alias Presiden Jokowi.

Mengusung prosesi adat yang kental

Dikutip dari Liputan6.com, "Kami ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, sekaligus kita merawat kebudayaan, memelihara kebudayaan, karena budaya adalah warisan para leluhur kita. Oleh sebab itu mengenalkan, mencintai budaya kita adalah sebuah kewajiban bersama," kata Presiden Jokowi didampingi keluarga inti, sebelum upacara adat dilaksanakan.

"Oleh sebab itu, kecintaan pada budaya harus kita tunjukkan agar identitas budaya kita muncul kembali dan karakter budaya kita juga semakin kita cintai. Terima kasih," sambung Jokowi.

 

 

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading