Sukses

Entertainment

Kisah Sedih Aminah Cendrakasih, Sosok 'Mak Nyak' yang Puluhan Tahun Berjuang Melawan Glaukoma

Fimela.com, Jakarta Kabar duka datang dari dunia entertainment tanah air. Pemeran senior Aminah Cendrakasih meninggal dunia pada hari ini, Rabu (21/12/2022). Aminah merupakan artis lawas yang dikenal luas atas perannya sebagai 'Mak Nyak' di sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Sebelum akhirnya meninggal dunia, Aminah diketahui mengidap penyakit glaukoma. Dari beberapa sumber, Glaukoma merupakan gangguan penglihatan yang disebabkan oleh kerusakan saraf optik yang biasanya diakibatkan karena adanya tekanan di dalam mata.

Glaukoma sendiri merupakan penyakit yang tidak dapat diobati atau diperbaiki kembali. Demikian pula dengan Aminah Cendrakasih yang mengalami penurunan daya penglihatan sampai akhirnya tak bisa melihat atau mengalami kebutaan.

Tak Bisa Beraktivitas

Selain mengalami kebutaan, Aminah Cendrakasih juga menderita kelumpuhan. Perempuan kelahiran 29 Januari 1938 itu tak bisa lagi beraktivitas dan hanya bisa berada di tempat tidur. Aminah pun harus berjuang melawan glaukoma.

Kondisinya yang lumayan menyedihkan karena secara finansial, Aminah dan keluarganya tak berkecukupan. Kondisi ini membuat banyak rekan artis yang menyambanginya, sekadar memberikan bantuan semampu mereka.

Tak hanya para pemain serial Si Doel Anak Sekolahan, seperti Rano Karno dan kawan-kawannya, juga Raffi Ahmad serta politisi Fadly Zon.

Kiprah Akting

Perempuan kelahiran Magelang, Jawa Tengah, 29 Januari 1938 ini memulai kariernya sebagai pemain dan penyanyi di pentas sandiwara pada 1955. Lalu, pada tahun yang sama, dia debut di film berjudul Oh Ibuku.

Aminah kemudian membintangi puluhan judul film lain selama kariernya. Di antaranya adalah Asrama Dara (1958), Bertjinta dalam Gelap (1971), Betty Bencong Slebor (1978), dan Komedi Lawak 88 (1986). Memasuki tahun 1990-an, Aminah lebih sering berperan dalam sinetron.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading