Sukses

Entertainment

Lebih Pilih Berikan ke LMKN, Ini Alasan Once Mekel Tak Mau Bayar Royalti

Fimela.com, Jakarta Baru-baru ini, Once Mekel menanggapi soal kritikan Ahmad Dhani yang menyebutnya tak pernah membayar royalti. Dhani menyebut jika Once tak pernah membayar royalti ketika menyanyikan lagu miliknya.

Menurut Once, ia tak perlu membayar royalti ke Ahmad Dhani. Ia menegaskan jika sudah mengikuti aturan yang berlaku, royalti lagu dibayarkan melalui lembaga Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN).

"Pembagian royalti itu sudah diatur pemerintah melalui LMKN. Lembaga itu yang mengumpulkan dari orang-orang yang memakai karya orang lain dan membagikan ke penciptanya tersebut. Besarnya juga sudah diatur. Kalau di show itu aturannya 2% dari tiket yang terjual yang dibagikan ke pencipta lagu. Kalau tidak ada tiket yang terjual, berarti 2% dari biaya produksi. Masalahnya banyak yang tidak tahu aturan ini," jelas Once Mekel seperti yang dilansir dari Liputan6.com.

Royalti

Ketika disinggung soal perjanjian personal yang dimaksud Ahmad Dhani, Once menganggap jika hal tersebut merupakan pembahasan berbeda. Once mengatakan jika pihak yang membayarkan royalti adalah penyelenggara acara, bukan dari pihak musisi. "Kalau kompromi itu tidak berdasarkan aturan, tapi berdasarkan pertemanan saja. Kalau kompromi pribadi tentu bisa," ucapnya.

Once mengaku jika dirinya memahami jika banyak musisi yang kini mulai fokus dengan royalti saat pandemi. "Kita memang lagi cari titik tengah saja. Titik tengahnya satu lagu tuh okelah berapa. Nah, yang mau saya koreksi juga, royalti itu berbeda dengan bagi-bagi untung. Kalau musisi manggung dibayar Rp10 juta, itu tidak bisa tiba-tiba royaltinya satu lagu Rp1 juta ya. Itu namanya bagi-bagi untung. Royalti adalah hasil kerja di waktu lalu. Makanya royalti relatif lebih kecil," jelas Once.

Keluar dari WAMI

Seperti diketahui, Ahmad Dhani memutuskan keluar dari WAMI (Wahana Musik Indonesia) yang merupakan salah satu Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) di Indonesia. Ia memutuskan untuk mengurus royalti lagu-lagu ciptaannya sendiri.

"Kalau tidak tergabung dalam salah satu LMK maka tidak akan mendapatkan royalti. Capeklah kalau saya sebutin satu-satu. Kalau tidak tahu aturan, cari tahu cara baca aturan," ujar Once.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading