Sukses

Entertainment

Film Buya Hamka Rilis Teaser Poster, Vino G Bastian dan Laudya Cynthia Bella Kompak

Fimela.com, Jakarta Sebuah film yang diangkat dari kisah hidup seorang tokoh yang dihormati berbagai kalangan serta banyak berjasa terhadap bangsa Indonesia, Buya Hamka, bakal segera hadir. Film yang dibintangi oleh Vino G Bastian dan Laudya Cynthia Bella ini baru saja merilis teaser posternya.

Memerankan tokoh Buya Hamka, Vino G Bastian mengungkap, bagaimana dirinya sangat hati-hati di film ini. Ia tak ingin terjebak dalam dramatisasi yang kemudian melupakan sisi faktanya.

"Satu pengalaman spiritual bukan hanya sebagai pemain film tapi sebagai manusia. Saya tidak boleh mengeluarkan improvisasi suatu dialog atau apa pun yang pernah diucapkan oleh seorang Buya. Ketika di film ini kita buat yang dialami Buya, tanpa mengurangi atau melebihkan,” ujar Vino.

Kompak Kesulitan

Sebagaimana Vino G Bastian, Laudya Cynthia Bella pun kompak dengan kesulitan yang sama dalam film tersebut. Laudya Chintya Bella yang memerankan tokoh Siti Raham, istri dari Buya Hamka merasa salah satu kesulitannya adalah segi bahasa.

"Kesulitan sih, iya banget karena dari bahasa juga. Karena kalau bahasa dihapal mudah ya. Tapi ini bahasa buat dialog, sulit ya. Untuk bahasa jadi rasa ke hati connect itu butuh waktu yang panjang," ujarnya.

"Sementara aku reading hanya sekitar 20 hari dan menurut aku kalau bisa milih pilih ‘please, satu bulan lagi readingnya. Selain itu, kesulitan lainnya adalah, harus memperdalam pengetahuan dengan memperbanyak literasi dan riset tentang Buya Hamka dan hubungannya dengan Siti Raham," papar Bella.

Tayang Ramadhan

Film Buya Hamka ini akan tayang di seluruh bioskop Indonesia tanggal 20 April 2023. Haji Abdul Malik Karim Amrullah, atau lebih dikenal dengan Buya Hamka sendiri merupakan seorang pahlawan nasional, ulama sekaligus sastrawan dan juga politikus.

Kefasihan Buya Hamka dalam berdakwah bukan hanya digemari oleh kaum muslim di Indonesia, namun juga diakui ulama-ulama di dunia. Salah satu jasa besar Buya Hamka dalam dunia Islam Indonesia adalah lahirnya Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sedangkan dalam karya seni, selain banyak menerbitkan buku-buku dakwah seperti Tafsir Al Azhar, Tasawuf Modern, Falsafah Hidup, dan masih banyak lagi, Buya Hamka juga menghasilkan karya seperti novel Merantau ke Deli, Dibawah Lindungan Kabah, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck dan masih banyak lagi karyanya.

Produser Falcon Pictures, Frederica mengungkapkan, hadirnya film Buya Hamka, didasarkan atas ketulusan ingin memberikan suguhan yang bermanfaat bagi masyarakat, juga sebuah bentuk dedikasi kepada dunia hiburan Indonesia.

"Karena film Buya Hamka, bukan hanya menghibur, tapi juga memberikan tuntunan. Kami juga berharap, banyak pelajaran positif yang bisa dipetik usai menonton film ini. Dan moment lebaran merupakan waktu yang pas, untuk menikmati film Buya Hamka bersama keluarga," ujarnya.

Biaya Besar

Sedangkan produser Starvision, Chand Parwez menuturkan, proses pembuatan film Buya Hamka sangat panjang, dan memakan biaya yang besar. Ia pun merasa bahagia ketika bisa menyuguhkan film ini kepada masyarakat.

"Saya mengucap syukur, Alhamdulillah. Karena karya fenomenal yang berproses sejak Bapak Din Syamsuddin menjabat Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak saya untuk membuat Film tentang Buya Hamka. Karya Film kerjasama Starvision dan Falcon dengan MUI ini membutuhkan 9 tahun dengan biaya besar, kini telah siap tayang di bioskop. Bismillahirrohmanirrohim,” jelasnya.

Sementara itu, sutradara film Buya Hamka, Fajar Bustomi mengungkapkan, sebelum memulai produksi film ini, dirinya terlebih dahulu mendalami karakter Buya Hamka, melalui buku-buku. "Dalam membuat film ini, saya meriset, buku apa-apa saja yang dipelajari Buya Hamka semasa hidupnya, dan biografi beliau. Menurut saya, ketika membuat biografi seorang tokoh, sutradara harus juga mempelajari cara berfikir si tokoh. Secara tidak langsung, kita berusaha untuk masuk kedalam pola fikir tokoh ini. Akhirnya tokoh dan sutradara ini memiliki kedekatan. Sehingga memudahkan sutradara saat membuat filmnya," terangnya.

Selain Vino G Bastian dan Laudya Chintya Bella, film ini juga diperankan oleh Desy Ratnasari, Donny Damara, Reza Rahadian, Ayu Laksmi, Anjasmara, Marthino Lio, Reybong, Mawar De Jongh, Mathias Muchus Verdi Solaeman, Teuku Rifnu Wikana, Ben Kasyafani, Wafda Lubis, Ferry Salim, Donny Kesuma, Cok Simbara, Roy Sungkono, Yoriko Angeline, Ajil Ditto, Zayyan Sakha, dan Yoga Pratama.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading