Sukses

Entertainment

Tak Hanya Tumor Payudara, Marshanda Juga Mengalami Masalah di Hati dan Ginjal

Fimela.com, Jakarta Saat ini, Marshanda sedang berjuang melawan penyakit tumor payudara yang diidapnya. Menurutnya kini tumor yang dideritanya sudah berkembang menjadi sel kanker.

Tak hanya tumor payudara, dokter juga mendiagnosis beberapa gangguan kesehatan lainnya. "Kondisi penyakit ada beberapa diagnosa, ada inflamasi kronis dan larinya bisa ke mana-mana, resikonya tinggi, bisa ke diabates, bisa ke autoimun, bisa serangan jantung, dan lainnya. Tapi itu kalau tidak ditangani," ucap Marshanda dalam konferensi pers yang digelar secara online, beberapa waktu lalu.

"Selain itu aku juga diduga prediabetic, aku dibilang punya masalah sama ginjal, fungsi hati aku menurun, juga tumor payudara yang aku miliki punya kemungkinan 50 persen kanker. Itu kondisi yang aku miliki sekarang," sambung Marshanda.

Syok

Setelah mendengar diagnosis dokter, Marshanda pun mengaku dirinya syok. Ada masa dimana dirinya tidak bisa menerima seluruh diagnosis dari dokter.

"Awalnya kayak nggak mau nerima dulu, kayak 'Ha? ini apa? Masa sih segininya, sebanyak ini?' Bahkan aku sampai memilih enggak menerima omongan mereka yang simpatik. Karena artinya dengan aku menerima simpatik, aku mengiyakan punya kondisi ini," ungkapnya.

Belajar dan Pengobatan

Kini Marshanda masih berusaha untuk mempelajari penyakitnya supaya dapat melakukan pengobatan dengan benar. "Sambil proses belajar, aku pengin bisa kaget tapi tetap menjalani hidup, cari tahu gimana supaya aku bisa menjalani semua ini dan lebih baik sesudahnya, lebih sehat, aku juga nanya ke orang yang paham, ke dokter-dokter. Sambil menjalani solusi yang mereka sampaikan ke aku," tuturnya.

"Walaupun ini perubahannya drastis, aku jadi ada semacam puasa untuk sembuh, untuk bisa lebih baik, tiap malam aku terapi, seminggu sekali ada ini itu, banyak adjusment," tutupnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Marshanda (Gempur M. Surya/Liputan6.com)
    Marshanda adalah artis sekaligus penyanyi yang mengawali karirnya sejak kecil di dunia hiburan Indonesia.

    Marshanda

What's On Fimela
Loading