Sukses

Entertainment

Nonton Java Jazz Festival 2023 Bisa Bantu Cintai Bumi, Kok Bisa?

Fimela.com, Jakarta Java Jazz Festival 2023 memasuki hari terakhir penyelenggaraannya pada hari ini, Minggu 4 Juni 2023. Festival tahunan yang digelar di JIExpo Kemayoran Jakarta ini menyuguhkan beragam penampilan istimewa dari para musisi dalam maupun luar negeri.

Sepanjang dua hari pelaksanaan acara berlangsung tertib dan nyaman. Di sini, selain bisa menonton pertunjukan kelas atas, pengunjung juga bisa turut berpartisipasi mencintai bumi. Bagaimana caranya?

Blibli sebagai salah satu sponsor Java Jazz tahun ini membuat beberapa inisiasi untuk program Cinta Bumi. Salah satu caranya yakni dengan menyediakan beberapa spot tempat sampah khusus untuk botol plastik dan kardus tak terpakai. 

Nantinya sampah-sampah tersebut akan didaur ulang untuk mengurangi limbah yang bisa merusak lingkungan. Dari situ akan diciptakan beberapa produk untuk memanfaatkan barang tak terpakai tersebut.

Langkah Bersama

Dalam penerapannya, Blibli bekerja sama dengan beberapa UMKM lokal untuk mengolah sampah menjadi produk jadi. Selain itu program ini juga melibatkan Liberty Society dan para perempuan yang termarjinalkan untuk ikut berpartisipasi.

"Mungkin banyak yang ga kebayang gimana botol plastik dan kardus jadi produk seperti baju dll. Sebenarnya proses behind the scene-nya panjang, dan kita nggak bisa melakukan ini sendiri. Jadi kita bekerja sama dengan beberapa UMKM lokal yang juga punya misi yang sama. Mereka tidak cuma memproduksi barang tapi juga memberi support kepada marginalized women," tutur Ignacia Chiara Irawan selaku Senior Operations Business Intelligence Manager Blibli (2/6/2023.

Ajak Generasi Muda Peduli

Tahun ini merupakan tahun kedua Blibli melakukan collection sampah botol plastik dan kardus di Java Jazz. Tahun 2022 selain di Java Jazz, mereka juga melakukan aktivitas serupa di event-event besar yang biasanya menghasilkan banyak sampah.

Langkah itu diambil Blibli dalam rangka memfasilitas para generasi muda, dari Generasi Millennials, Gen-Z dan Gen-Alpha untuk terlibat melakukan gerakan sustainability.

"Biasanya Gen-Z kan peduli soal sustainability, tapi mungkin agak bingung cara melakukannya bagaimana. Nah di event seperti Java Jazz ini kita fasilitasi mereka untuk terlibat dan melihat bahwa sampah yang mereka buang di drop box akan didaur ulang jadi produk siap pakai," lanjutnya.

Selain koleksi sampah di event-event besar, Blibli juga punya program untuk konsumennya yang ingin mengembalikan kardus belanja mereka. Dimulai persis sebelum pandemi, animo terhadap program Cinta Bumi makin tinggi. Beberapa produk upcycling yang terdiri dari t-shirt, laptop sleeve hingga payung akan dijual kembali untuk mensupport keberlanjutan program tersebut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading