Sukses

Entertainment

Bisa Jadi Inspirasi, Cara 10 Artis Jauhkan Anak dari Gadget

Fimela.com, Jakarta Gadget dengan berbagai fiturnya sekarang ini sudah semakin memanjakan pemnggunanya. Pada satu smartphone contohnya, pengguna bisa mendapatkan akses informasi yang begitu luas, bahkan tak terbatas.

Namun, seperti halnya sebuah alat, gadget pun selayaknya pisau bermata dua, ada plus dan minusnya. Dan belakangan menjadi perhatian banyak aktivis atau pemerhati anak ketika anak-anak sudah dibiasakan menggunakan gadget.

Bahkan, banyak pula yang dilepas tanpa pengawasan. Akhirnya, banyak sekali didapatkan kasus anak-anak yang kecanduan gadget. Karenanya, banyak orang tua, tak terkecuali kalangan artis yang sadar terkait penggunaan gadget untuk anak.

Mereka pun memiliki cara-cara tersendiri untuk menjauhkan anak dari gadget, demi meminimalisir efek negatif juga kecanduan. Lalu, seperti apa tips dari para artis agar anak bisa tetap bahagia tanpa gadget? Berikut beberapa di antaranya.

Mona Ratuliu

Mona Ratuliu sangat tegas urusan penggunaan gadget pada anak-anaknya. Ia benar-benar membatasi waktu anaknya bermain gadget. Ia pun mengalihkan perhatian anak dengan bermain bersama atau melakukan aktivitas bersama. Ia bahkan pernah membekali anaknya dengan handphone sebagai alat komunikasi, bukan smartphone.

Happy Salma

Gaya parenting Happy Salma terkait penggunaan gadget bagi anak patus mendapat acungan jempol. Ia mengaku ingin kedua anaknya lebih dekat dengan alam yang indah dibandingkan asyik bermain gadget.

Atiqah Hasiholan

Mengerti adanya dampak negatif gadget terhadap anak yang belum waktunya. Sebelum usia anak memasuki dua tahun, Atiqah memilih untuk tidak memperkenalkan handphone maupun televisi kepada anaknya. Namun, ia tetap mengakui ada sisi positif dari penggunaan gadget yang tepat.

Ussy Sulistiawaty

Sebagai ibu, Ussy Sulistiawaty pun memberikan batasan-batsan tersendiri bagi anak-anaknya dalam menggunakan gadget. Ia juga memberikan pengertian mengenai penggunaan gadget yang terlalu sering. Ussy pun memberikan pilihan lain seperti buku dan mainan sebagai pengganti.

Astrid Tiar

Astrid Tiar memberikan waktu yang terbatas bagi anak-anaknya dalam menggunakan gadget. Bahkan untuk melihat YouTube, Astrid hanya menyediakan waktu 5 menit setiap harinya.

Ashanty

Bukan tidak memperbolehkan sama sekali dengan penggunaan gadget. Namun, Ashanty memberikan waktu tertentu untuk anak-anaknya dalam bermain gadget. Diakuinya, anak-anaknya tak diperkenankan bermain gadget di hari sekolah. Istri Anang Hermansyah itu memperbolehkan anak bermain gadget pada weekend atau hari libur.

Tantri Kotak

Saat anak berusia 2 tahun, Tantri Kotak bersepakat kalau penggunaan gadget hanya bisa saat makan. Namun, juga ada pembatasan hanya selama 1 jam.

Titi Kamal

Bersama suaminya, Christian Sugiono, Titi Kamal tak memberikan waktu khusus dalam penggunaan handphone. Namun, mereka memiliki trik tersendiri yaitu memberikan gadget kepada anak ketika baterai sudah kurang dari 20 persen.

Donna Agnesia

Donna Agnesia dan Darius Sinathrya juga memberi batasan kepada anaknya untuk bermain gadget hanya saat akhir pekan. Mereka juga memberikan gadget kepada anak ketika benar-benar membutuhkan.

Novita Angie

Sebuah tantangan dirasakan oleh Novita Angie kala anak-anaknya sudah menginjak usia remaja. Khawatir, namun dirinya tak bisa melarang anak menggunakan gadget. Akhirnya, presenter tersebut memiliki trik tersendiri.

Ia dan anak bersepakat agar selalu meletakkan gadget di kamarnya sepulang sekolah. Keperluan mengisi daya baterai juga di kamarnya. Novita juga memiliki kode akses terhadap smartphone anaknya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading