Sukses

Entertainment

Berawal dari Sungsang, Anak Kedua Acha Sinaga Idap Penyakit Kelainan Tulang

Fimela.com, Jakarta Kabar bahagia terdengar dari keluarga Acha Sinaga dan Andy Ambarita yang telah dikaruniai anak keduanya pada 16 Mei 2023 lalu. Anak itu dilahirkan pada rumah sakit di Australia, berjenis kelamin laki-laki. Sang buah hati diberi nama Jethro Kenaniah Ambarita.

Setelah merasakan kebahagiaan yang begitu besar atas kelahiran Kenan, Acha dan suami kemudian diberi kabar buruk bahwa anaknya menidap Hip Displasia. Penyakit tersebut merupakan kelainan pada tulang pinggul.

“Jadi Kenan itu di diagnosa dokter, dia punya DDH. Keadaan ini lebih dikenal dengan Hip Displasia,” ucap Acha pada vido di kanal YouTube pribadinya (12/9).

Awal Mula

Pada saat kehamilan, Acha mengetahui melalui USG bahwa posisi Kenan saat di dalam rahim itu sungsang. Sungsang yaitu posisi kepala bayi ada pada bagian atas dan kaki pada bagian bawah pada usia kehamilan lebih dari 35 minggu.

“Jadi Kenan itu posisinya pas lagi di rahim aku dia itu sungsang,” kata Acha. “Dokter akhirnya suruh kita ultrason (USG), mostly emang disini (Australia) standardnya gitu, kalau bayi-bayi yang sungsang pas dia lahir disuruh langsung cek ultrason di umur 6 minggu,” tambahnya.

“Hasilnya itu memang sudah kelihatan kalau posisi sonketnya Kenan itu tidak pada tempatnya,” jelasnya.

Untuk proses penyembuhan Kenan diharuskan untuk menggunakan alat bantu bernama palvic harness selama 6 minggu, agar tulang pinggulnya kembali pada posisi yang seharusnya. Dikarenakan umur anaknya yang masih sangat kecil, peluang untuk sembuhnya sangat besar.

“Ternyata hip displasia itu bisa sembuh dan treatmentnya kayak gini pake pavlic karena dia masih 3 bulan,” ucap Acha.

Mulai Adaptasi

Kini momongannya tersebut sudah memasuki minggu kedua memakai alat bantu palvic harness. Alat tersebut harus dipakai 23 jam seharinya, hal itu membuat Acha sedih sekaligus terharu melihat Kenan bisa berjuang.

“Aku dari 2 minggu aja liat Kenan pake palvic harness kayak gini aku kayak salut banget sama dia, dia masih kecil, masih 3 bulan tapi udah bisa tangguh dan sabar, walaupun pasti gak nyaman kakinya harus ngangkang, 23 jam loh sehari,” ucap Acha.

Dalam kesempatan lain, Acha membagikan video pada instagram pribadinya (@achasinaga) mengenai Kenan dengan caption “udah 2 minggu Kenan pake Palvic Harness, kami semua sudah mulai beradaptasi dengan baik,”.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading