Sukses

Entertainment

13 Artis Ini Jadi Duta Pemerintah, dari Duta Anti Perbudakan Sampai Duta Petani Milenial

Fimela.com, Jakarta Memiliki popularitas dan dikenal luas oleh masyarakat, menjadi alasan kuat ketika kalangan artis menjadi duta pemerintah dalam berbagai kampanye. Selama ini sudah banyak artis yang menjadi duta pemerintah.

Saat menjadi duta pemerintah, artis-artis tersebut memiliki peran penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap berbagai program dan kampanye positif dari pemerintah.

Berikut adalah beberapa artis yang pernah ataupun masih menjadi duta pemerintah dalam berbagai bidang, dari bela negara, anti judi online, sampai petani milenial. Siapa saja? Mari kita simak.

Putri Ariani

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menunjuk Putri Ariani sebagai Duta Kekayaan Intelektual 2023. Penyanyi jebolan America's Got Talent itu juga diangkat menjadi Duta Damai Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) akhir Juli lalu.

Lesti Kejora

Pedangdut muda Lesti Kejora didapuk menjadi duta petani milenial pada tahun September 2023 dari Kementerian Pertanian. Ia dianggap bisa mewakili milenial karena kerap menunjukkan aktivitas keluarganya di bidang pertanian.

Cinta Laura

Cinta Laura juga yang pernah ditunjuk sebagai Duta Anti Kekerasan Pada Perempuan dan Anak oleh menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada tahun 2019 lalu.

Maudy Ayunda

Maudy Ayunda juga pernah didaulat menjadi Duta Anti Perbudakan Modern pada tahun 2017 oleh Universitas Paramadina dan Global Freedom Network (GNF) di Istana Wakil Presiden. Sebagai duta, Maudy pun membawa pesan kepada generasi muda untuk melawan perbudakan modern.

Tasya Kamila

Tasya Kamila sejak 2005 dinobatkan sebagai Duta Lingkungan Hidup oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Ia pun aktif menjalankan misinya sebagai seorang duta bagi lingkungan hidup.

Najwa Shihab

Najwa Shihab didapuk untuk menjadi Duta Baca Indonesia pada tahun 2016-2020. Najwa kala itu dipercaya oleh Perpustakaan Nasional untuk melaksanakan tugas sebagai duta.

Atta Halilintar

Atta Halilintar menjadi duta bela negara pada tahun 2021. Pada saat itu, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) memberikan gelar Duta Bela Negara kepada YouTuber yang merupakan suami Aurel Hermansyah tersebut.

Agnez Mo

Bukan hanya Atta Halilintar, Duta Bela Negara ini juga diberikan kepada Agnez Mo. Agnez Mo diangkat sebagai Duta Bela Negara karena dianggap telah mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Nagita Slavina

Nagita Slavina pernah menuai pro kontra saat dirinya dipilih menjadi Duta PON XX Papua pada tahun 2021 lalu. Namun, ia tetap menjalankan tugasnya sebagai duta dengan baik.

Randy Martin

Randy Martin diangkat sebagai Duta Anti Rokok oleh Kementrian Kesehatan RI pada 2018. Randy diangkat sebagai duta untuk mengkampanyekan bahaya rokok khususnya pada generasi muda seperti dirinya.

Ayu Ting Ting

Sebagai warga Depok, Ayu Ting Ting pernah dinobatkan menjadi Artis Duta Pajak Kota Depok. Penobatan tersebut berlangsung pada 5 November 2016 di kantor Walikota setempat.

Zaskia Gotik

Zaskia Gotik diangkat jadi Duta Pancasila setelah menghadiri acara talkshow Pancasila di Gedung Nusantara V, DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, April 2016 silam. Kala itu Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa MPR, Abdul Kadir Karding menunjuk Zaskia Gotik sebagai Duta Pancasila.

Dewi Perssik

Pada 2017, Dewi Perssik yang menerobos jalur Transjakarta juga diangkat menjadi Duta Tertib Transjakarta Line oleh Sandiaga Uno, yang saat itu merupakan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Selain itu, Direktorat Lalu Lintas Metro Jaya juga menunjuknya sebagai Duta Keselamatan Berlalu Lintas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading