Sukses

Entertainment

Dea Ananda Ceritakan Pengalaman Program Hamil, Diawali dengan Ubah Gaya Hidup

Fimela.com, Jakarta Dea Ananda saat ini sudah memiliki satu orang anak bernama Sanne El Azhar dari hasil pernikahannya dengan Ariel Nidji. Mempunyai anak bukan hal mudah baginya, pasalnya dia harus menunggu 12 tahun dan menjalani segala macam program hamil (promil). 

Menurut Dea Ananda, dia sempat mengunjungi beberapa dokter untuk menjalani promil sejak 2018 lalu. Namun, tak ada yang cocok, karena satu dan lain hal. Hingga akhirnya, dia rehat sejenak sambil mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat. 

"Selama satu tahun rehat untuk urusan program hamil, aku memperbaiki lifestyle, nggak cuma relax pikiran, perbaiki makanan, tapi olahraga juga. Hingga akhirnya aku kepikiran untuk bayi tabung lagi dan berjodoh di Bocah Indonesia," ujar Dea Ananda di acara Bocah Fertility Week 2023 (BFW 2023), di kawasan SCBD, Jakarta Pusat, Sabtu (4/11/2023).

Lifestyle

Dea Ananda mengatakan alasannya menjalani program hamil lagi setelah rehat. Menurut dia karena di Bocah Indonesia, tidak hanya perempuan saja yang diperiksa kesehatannya. Namun laki-lakinya juga di periksa kesehatannya agar bisa mendapatkan buah hati. 

"Kenapa yakin di Bocah, karena dari klinik sebelumnya kurang detail dan yang di cek saya aja. Dan saya gatau ada dokter androlog khusus pemeriksaan pada suami. Saya di Bocah ketemu dokter Cynthia dan suami diarahkan ke dokter Tiara, dari situ mantap lanjut, karena penyampaian enak dan komplit," tuturnya. 

Sambil menjalani promil, Dea Ananda tetap diminta dokter yang menanganinya menjalani olahraga ringan. "Aku kan sudah olahraga, tapi dokter memintaku untuk olahraga yang lebih ringan. Kalau sebelumnya, aku olahraganya yang terlalu high," ujarnya. 

Senada dengan Dea Ananda, founder Bocah Indonesia, dokter Pandji Sadar mengatakan bahwa jika pasangan ingin promil berjalan lancar, salah satu yang dilakukan adalah olahraga ringan. 

"Jalan dulu deh 10ribu langkah setiap hari, itu adalah acuan paling dasar, kalian juga bisa menjalani yoga untuk mengatur pernapasan yang membuat stress kita berkurang. Dengan stress kita yang rendah, atau berkurang maka hormon kortisol ikut berkurang sehingga bisa lebih mudah menjalani program hamil ataupun hamil secara natural,"ujarnya.

Dokter Pandji Sadar juga menegaskan bahwa kehamilan seorang perempuan itu tidak hanya dari raga calon ibu yang sehat. Karena itulah calon ayah juga harus diperiksa kesehatannya sebelum promil. 

"Keunikan kami menangani suami dan istri. Kuncinya, suami tidak bisa ditangani dokter spesialis obyn karena itulah kami menyediakan banyak dokter andrologi untuk treatment optimal pada para suami. Treatment juga harus dijalani secara paraelel. Tanpa adanya dokter andrologi, promil tidak berjalan optimal," katanya. 

"Untuk pasangan yang mengalami gangguan kesuburan, mohon tidak melihat fertilitas pada istri saja, jangan hanya menunjuk wanitanya. Karena sering kali permasalahan dari dua sisi," tegasnya.

Tentang Acara

Bocah Indonesia kembali menyelenggarakan acara tahunan Bocah Fertility Week 2023 (BFW 2023), acara ini diadakan dalam rangka memperingati World Fertility Day yang jatuh pada setiap tanggal 2 November.

Sesuai dengan judul acaranya, BFW 2023 diselenggarakan selama satu pekan, yakni dari 30 Oktober 2023 secara online hingga pada puncaknya 4 November 2023 yang digelar secara offline dengan menghadirkan para expert dalam bidang fertilitas, influencer, selebriti serta para dokter spesialis. Acara ini memadukan edukasi mulai dari dasar fertilitas hingga edukasi mengenai program hamil. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading