Sukses

Entertainment

Spotify Wrapped Live Indonesia 2023 Tersaji Meriah dengan Sederet Penampilan Istimewa

Fimela.com, Jakarta Menjelang akhir tahun Spotify menggelar ritual rutin mereka merilis Spotify Wrapped 2023. Namun di tahun ini agak berbeda dengan hadirnya event live bertajuk ‘Spotify Wrapped Live Indonesia 2023’. Acara ini bertujuan untuk merayakan kreator Indonesia dan internasional, serta bagaimana para pendengar di Indonesia menikmati karya mereka.

Jadi gelaran perdana, Spotify mengumumkan daftar kategori teratas, termasuk lagu, artis, dan podcast berbagai genre, lewat Wrapped secara langsung melalui siaran televisi. Vidi Aldiano, Ayu Dewi, dan Ananda Omesh jadi pemandu keseruan acara pada 30 November 2023 kemarin.

Acara tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan para artis lokal dan internasional, di antaranya James Arthur, BamBam, Mahalini, Nadin Amizah, dan masih banyak lagi. Artis lainnya seperti Tulus, Mahalini, dan Anggi Marito turut hadir dan menerima penghargaan Wrapped mereka di depan para penonton.

Bintang K-Pop, BamBam, berbincang dengan Ayu Dewi dan Tiara Andini. Mereka juga mengajarkan BamBam Bahasa Indonesia dan memberikannya pantun. Ario Bayu dan Ibu Jamil turut memeriahkan panggung bersama Ayu Dewi sembari melakukan parodi adegan ikonik dari serial terbaru mereka yang sangat menghibur penonton. Nama-nama besar industri podcast juga hadir malam itu, termasuk anggota PODKESMAS yang tampil di panggung bersama Vidi.

 

Tren Musik Indonesia 2023

Tulus kembali meraih penghargaan sebagai Artis Indonesia dan Artis Laki-laki Indonesia Teratas tahun ini, penghargaan yang juga ia terima pada Wrapped 2022 lalu. Selain Tulus, Mahalini (#2), Tiara Andini (#3), Nadin Amizah (#4), dan Hindia (#5) juga masuk dalam kategori ini.

Tahun ini menjadi tahun yang tidak terduga bagi penyanyi perempuan Anggi Marito. Ia merebut posisi Lagu Indonesia Teratas tahun 2023 dengan lagunya "Tak Segampang Itu," diikuti “Komang” dari Raim Laode (#2), “Sial” dari Mahalini (#3), “Kau Rumahku” dari Raissa Anggiani (#4), dan “Tertawan Hati” dari Awdella (#5).

Salah satu artis Spotify EQUAL Indonesia, Mahalini, menjadi Artis Perempuan Indonesia Teratas, sekaligus menyabet posisi Album Indonesia Teratas untuk albumnya 'fábula'. Album musik lainnya yang masuk dalam kategori ini adalah ‘Menari Dengan Bayangan’ dari Hindia (#2), ‘Monokrom’ (#3) dan ‘Manusia’ (#4) dari Tulus, dan ‘Tiara Andini’ dari Tiara Andini (#5).

Masuk ke jajaran artis internasional, selain menjadi Artis Global Teratas tahun 2023 Taylor Swift juga menjadi Artis Internasional Teratas di Indonesia. Artinya, Taylor berhasil menjadi artis internasional yang paling banyak didengarkan di Indonesia pada tahun 2023. Posisinya diikuti oleh One Direction (#2), The Weekend (#3), James Arthur (#4) yang juga tampil pada acara ‘Spotify Wrapped Live Indonesia 2023’, dan grup K-Pop BLACKPINK (#5).

Tahun ini ada kategori spesial yakni “Lagu Ambyar Teratas 2023” yang jatuh kepada “Nemen - HipHop Dangdut version” oleh NDX A.K.A. Kategori ini juga diwarnai oleh lagu lain, yaitu “Sanes” oleh Guyon Waton (#2), “Sewates Konco” oleh Lavora (#3), “Dalan Liyane” oleh Happy Asmara (#4), dan “Dadi Siji” Woro Widowati (#5).

 

Bagaimana dengan Podcast?

Rintik Sedu masih meraih posisi puncak di kategori Podcast Indonesia Teratas 2023, diikuti oleh Lentera Malam (Podcast Horor) (#2), PODKESMAS (#3), Kita dan Waktu (#4), dan Pengembangan Diri (#5). Tsana, perempuan di balik podcast Rintik Sedu, sukses mempertahankan posisi ini selama empat tahun berturut-turut dan menjadi podcast yang paling banyak dicari di Spotify pada tahun 2023. 

PODKESMAS, yang beranggotakan Surya, Darto, Omesh, dan Nggok, berada di posisi teratas untuk Podcast Komedi Indonesia Teratas dan juga menjadi podcast komedi yang paling banyak dicari di Spotify tahun 2023. Untuk genre podcast lainnya, Lentera Malam (Podcast Horor) berada di posisi puncak untuk kategori Podcast Horor Teratas 2023, PODKES SELESAI memuncaki Podcast Pendatang Baru Teratas 2023, Si Kutu Buku pada peringkat pertama Podcast Edukasi Teratas 2023, dan Pengembangan Diri sebagai Podcast Self-Care Teratas 2023.

 

K-Pop Masih Jadi Magnet

K-Pop menjadi genre musik terbesar di dunia dan membuktikan bahwa musik, dari mana pun asalnya, dapat menembus batasan bahasa dan budaya. Merayakan perkembangan genre K-pop yang signifikan, Wrapped 2023 menghadirkan kategori Artis dan Lagu K-pop Global Teratas tahun ini.

Posisi pertama Artis K-Pop Global Teratas diraih oleh BTS yang berhasil mempertahankan posisi ini sejak tahun 2022, diikuti BLACKPINK (#2), dan Jung Kook, anggota BTS, di (#3). Pendatang baru NewJeans menunjukkan taringnya dengan menyabet posisi (#4), dan Stray Kids (#5).

Para anggota BTS dan NewJeans terus mendominasi tangga lagu global dengan lima lagu K-Pop teratas yang paling banyak didengarkan tahun ini. “Seven (feat. Latto)” dari Jung Kook berada di posisi teratas, diikuti oleh teman satu grupnya Jimin dengan lagu “Like Crazy” di posisi ketiga. Grup pendatang baru NewJeans meraih pencapaian yang luar biasa di awal karir mereka, dengan lagu “OMG” dan “Ditto” berada di posisi #4 dan #5. Hits viral dari FIFTY FIFTY berjudul “Cupid - Twin Ver.” meraih posisi #2, melengkapi kategori ini.

Dari tahun ke tahun, Wrapped menjadi sebuah momen penting Spotify memperlihatkan perjalanan para pengguna mendengarkan konten audio melalui penyajian data yang unik dan menyeluruh. Spotify Wrapped merayakan artis, album, lagu, dan podcast teratas yang didengarkan oleh lebih dari 547 juta pendengar di seluruh dunia tahun ini. Para pengguna Spotify dapat menemukan pengalaman Wrapped yang dipersonalisasi ketika mengakses Spotify. Wrapped 2023 dilengkapi dengan fitur interaktif terbaru untuk merayakan perjalanan mereka mendengarkan konten audio sepanjang tahun.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading