Sukses

Entertainment

Profil dan Foto-foto Witan Sulaeman, Pemain Timnas Indonesia yang Pesonanya Bikin Pangling

Fimela.com, Jakarta Witan Sulaeman, pemain Timnas Indonesia dan klub Bhayangkara FC yang biasanya dipasangkan sebagai gelandang tengah atau penyerang sayap. Namun, saat di uji coba pertama melawan Libya, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memposisikan dirinya sebagai bek kanan.

Pria asal Palu ini sempat menghebohkan penggemarnya karena memutuskan untuk meninggalkan Eropa dan kembali ke Indonesia. Alasannya pindah dari klub Slovakia AS Trencin ke Persija karena keluarga dan kontraknya dengan Persija akan habis pada pertengahan 2026.

Dirangkum dari berbagai sumber, pada Senin (29/1/24), berikut profil dan foto-foto Witan Sulaeman.

Profil Witan Sulaeman

Nama Lengkap: Witan Sulaeman

Nama Panggilan: Witan

Kewarganegaraan: Indonesia

Tempat Lahir: Palu, Sulawesi Tengah

Tanggal Lahir: 8 Oktober 2001

Akun Instagram: @witansulaiman_

Status: Menikah

Saat SMP, Witan gabung dengan SSB Galara. Selama di SSB Galara, ia sering berpartisipasi dalam ajang Piala Menpora dan Liga Pelajar Indonesia.

Setelah lulus dari SMP, Witan memberanikan dirinya untuk pergi ke Jakarta. Saat di Jakarta, Witan mengikuti proses seleksi Diklat Ragunan Jakarta dan berhasil lolos.

Seleksi Diklat Ragunan menjadi pertemuan pertama Witan dengan Egy Maulana Vikri. Tak hanya itu, seleksi tersebut juga menjadi pembuka jalan karier Witan sampai ia tembus Timnas Indonesia U-19 bersama Egy Maulana Vikri. Toulon Cup di Prancis adalah ajang pertama yang ia ikuti.

Agama Witan Sulaeman

Witan memeluk agama Islam dan ia merupakan santri Nahdlatul Wathan. Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin Abdul Madjid di Desa Anjani, Lombok Timur, NTB adalah tempatnya mendalami ilmu agama.

Perjalanan Karier Witan Sulaeman

Saat masih berada di Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) Ragunan, ia sering mendapatkan panggilan dari pelatihnya, Indra Sjafri.

Selama belajar di SKO Ragunan, Witan dengan semangat menunjukkan performanya dari 2016 hingga 2019. Kemudian, ia pindah ke PSIM Yogyakarta dan bertahan sampai Februari 2020 di Laskar Mataram.

Dari Liga 2, Witan memutuskan melanjutkan kariernya ke Eropa dan bergabung di klub FK Radnik Surdulica, peserta Liga Super Serbia.

Di sana, Witan bertahan sampai tanggal 1 September 2021. Kemudian, Witan pindah ke Lechia Gdansk di Liga Polandia sampai Januari 2022, karena dipinjam FK Senica di Liga Super Slovakia.

Pada Mei 2022, masa peminjamannya dengan FK Senica berakhir dan Witan dilepas ke AS Trencin.

Pindah ke Persija dan Jadi Pemain Andalan Timnas Indonesia

Pada Januari 2023, karier Witan selesai di Eropa. Ia memilih untuk kembali ke Indonesia karena ingin lebih punya banyak waktu bersama keluarganya.

Sekarang, ia menjadi bagian dari Persija Jakarta sampai pertengahan 2026. Tak hanya itu, Witan juga menjadi pemain andalan Timnas Indonesia karena kelihaiannya dalam bermain sepak bola.

Apa Kepanjangan dari Persija?

Persija (awalnya dikenal dengan nama Persija Pusat, singkatan dari Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta) merupakan klub sepak bola profesional Indonesia yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Didirikan pada tanggal 28 November 1928 dengan nama Voetbalbond Boemipoetra.

Witan Main Dimana?

Baru-baru ini, Witan dipinjamkan oleh Persija ke Bhayangkara saat bursa transfer tengah musim dibuka. Keputusan ini cukup mengejutkan mengingat performa bagus sang winger bersama Persija. Dalam dua pertandingan terakhir bersama Persija, Witan berhasil mencatatkan tiga gol dan satu assist.

Kapan Witan Gabung Timnas?

Akhirnya, Persija Jakarta mengirim Witan Sulaeman dan Rizky Ridho Ramadhani ke pusat latihan Timnas, pada hari Minggu (11/6/2023).

Apakah Witan Sudah Menikah?

Pemain sayap dari Timnas Indonesia, Witan Sulaeman menggelar pernikahan dengan pasangannya, Rismahani, di Sriti Convention Hall, Kota Palu, pada hari Minggu (29/5).

Berapa Gol Witan di Timnas?

Satu pemain berpengalaman ada di dalam Skuad Garuda Muda. Witan Sulaeman telah tampil dalam tiga SEA Games dan sudah mencatatkan 28 caps di Timnas senior, dengan mencetak delapan gol.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading