Sukses

Entertainment

Penyintas Psoriasis, Artika Sari Devi Lakukan Pengobatan Juga Jaga Pola Makan

Fimela.com, Jakarta Memiliki tubuh yang ideal, termasuk kesehatan dan kecantikannya merupakan satu hal yang sangat penting bagi perempuan. Tak terkecuali Artika Sari Devi yang merupakan seorang publik figur dan juga influencer.

Terlebih karena dirinya kerap sekali bekerja di depan kamera. Otomatis kecantikan kulit merupakan hal yang penting. "Sangat utama, karena sebagai modal untuk mendapat cuan," ujarnya sembari tertawa saat Preskon HUT Perdoski ke-58, baru-baru ini.

Namun siapa sangka ternyata di balik kecantikannya, Artika Sari Devi pernah mengalami penyakit psoriasis. Istri musisi Baim tersebut mengaku bahwa sekarang ini dirinya sebagai penyintas psoriasis.

Ia pun menceritakan bagaimana kisah penyakit tersebut. "Dulu psoriasisnya kebetulan di kuku. Dan diinformasikan bahwa bukan hanya penyakit biasa, tetapi berhubungan dengan auto imun," tutur Artika Sari Devi.

Lakukan Pengobatan

Saat itu, Artika pun langsung melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dari sesi pertemuan dengan dokter spesialis tersebut, Artika juga melakukan diskusi terkait apa saja yang berhubungan dengan penyakitnya.

"Didiagnosa, juga semua dicek dan diskusi. Kami ngobrol mengenai lifestyle saya seperti apa, apa saja yang dikonsumsi sehari-hari, dan lainnya. Lalu dokter memberikan pengobatan topikal," ujarnya.

Setelah melakukan pengecekan secara menyeluruh, ternyata Artika Sari Devi memiliki masalah dengan susu dan turunannya. "Jadi pencetus alergi. Kalau konsumsi susu dan turunannya, kuku saya langsung kumat psoriasisnya," imbuhnya.

Jaga Pola Makan

Selain melakukan pengobatan ketika terserang psoriasis, Artika Sari Devi juga melakukan diet. Tetapi bukan diet untuk kepentingan menurunkan berat badan, melainkan tak mengonsumsi jenis makanan yang bisa memicu penyakitnya tersebut.

Sampai sekarang, Artika hidup berdampingan dengan psoriasis, salah satu penyakit yang disebut tak bisa sembuh total. Ia pun menjaga pola makan, dengan mengonsumsi yang diperlukan, bukan yang diinginkan.

"Sekarang lebih ketat lagi diet, lebih peka dan mindfull pilih makanan, bukan lagi karena pengen tapi apa saja yang dibutuhkan. Dan sampai sekarang bisa hidup berdampingan dengan psoriasis," paparnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading