Sukses

Entertainment

Christopher Nolan Menang Oscar 2024 Sebagai Best Director, Ini 5 Filmnya yang Terbaik Sepanjang Masa

Fimela.com, Jakarta Bagi penikmat film layar lebar terkhusus pada industri Hollywood sudah tidak asing dengan nama Christopher Nolan. Sutradara sekaligus penulis skenario kondang ini telah menghasilkan banyak karya-karya legendaris yang terbaik sepanjang masa.

Baru-baru ini, Christopher Nolan mendapatkan pengakuan bergengsi dari acara penghargaan paling prestise di industri film yakni Academy Awards ke-96. Dalam acara penghargaan tersebut, Nolan berhasil membawa pulang piala dengan kategori "Best Director".

Tak heran, kepiawaian Nolan dalam membuat karya memang patut diperhitungkan. Dapat dilihat dari 5 film ini, dinilai menjadi film legendarisnya sepanjang masa. Sahabat Fimela ingin tahu? Simak daftarnya di bawah ini.

 

Momento (2000)

Para penggemar film garapan Christopher Nolan pasti tidak akan asing dengan film dengan genre misteri-thriller ini. Momento merupakan salah satu karya terbaik dari sutradara ternama tersebut. Rilis di tahun 2000, film ini sukses menyita perhatian penggemar.

Melansir dari Box Office Mojo, total pendapatan kotor dari film ini mencapai USD 39 juta atau setara Rp605 miliar, sekaligus mendapatkan rating IMDb sebesar 8,4 dari 10.

Besarnya minat dan antusias film Momento di tahun tersebut, membuat film ini mendulang banyak penghargaan. Total penghargaan yang telah didapatkan melalui film ini sebanyak 57 kemenangan dan 59 nominasi. Di antara nominasi tersebut, film ini pernah menjadi kategori "Best Writing, Screenplay Written Directly for the Screen" dan "Best Film Editing" untuk penghargaan Oscar 2002.

Film ini diperankan oleh Guy Pearce, Carrie-Anne Moss, Joe Pantoliano, dan Jorja Fox. Akting dari masing-masing aktor sangat baik hingga membuat suasana ketika menonton sangat intens. Alur kian menit kian menarik ketika para pemerannya mencoba mengungkap siapa pembunuh.

The Prestige (2006)

Film bergenre fiksi ilmiah ini juga mendapatkan banyak apresiasi dari penggemar maupun penonton. Terpantau rating film ini di IMDb mencapai 8,5/10.

Alasan mengapa film ini sangat disukai sebab The Prestige dinilai salah satu film Nolan yang paling memuaskan secara emosional. Inti dari cerita di film ini mengenai kisah persaingan antara pesulap yang lumayan mendebarkan.

Selain alurnya yang sangat baik, film ini juga dibintangi oleh aktor-aktor kondang, seperti Hugh Jackman, Christian Bale, Scarlett Johansson, dan Michael Caine . Maka tak heran pendapatan yang dikumpulkan dari film ini mencapai USD 109 juta atau sekitar Rp1,5 triliun.

Melansir dari IMDb, film ini sudah mendulang 6 penghargaan dan 44 nominasi.

The Dark Night (2008)

Selain dari penggemar garapan film Nolan, penonton awam setidaknya mengenali film The Dark Knight atau lebih dikenal film dari superhero Batman. Film ini sangat populer di tahun 2008, bahkan sekuel dari film ini yaitu The Dark Knight Rises juga masih mendapatkan perhatian dari penonton.

Film ini dibintangi oleh Christian Bale sebagai Bruce Wayne (Batman) dan Heath Ledger sebagai Joker. Bahkan lewat film ini Heath Ledger memenangkan Oscar 2009 pada kategori "Aktor Pendukung Terbaik" setelah kematiannya.

Saking populernya film ini TDK mendapatkan rating mencapai 9 dari 10 di IMDb. Dengan masifnya antusias dari penonton, diperkirakan pendapatan kotor dari film ini mencapai USD 1 miliar atau setara Rp15 triliun. Tak sampai situ saja, film ini juga sukses mendulang ratusan penghargaan. Melansir dari IMDb, terdapat 163 kemenangan dan 164 nominasi yang tercatat atas nama film The Dark Knight.

Interstellar (2014)

Film bergenre Sci-fi tentang eksplorasi luar angkasa ini juga tak kalah populer. Penggambaran ruang angkasa serta planet pada film tersebut sangat kompleks dan memanjakan mata. Bahkan digadang-gadang sebagai film sains terakurat. Tak heran, film legendaris ini pernah memenangkan Oscar 2015 dalam kategori "Best Visual Effects".

Selain karena teori dan visual film ini yang sangat baik, aktor-aktor yang membintangi film ini juga tidak sembarangan, seperti Anne Hathaway, Matt Damon, Matthew McConaughey, Jessica Chastain, dan masih banyak lagi.

Film ini memberikan pengalaman menonton yang unik sehingga film ini sangat populer saat itu. Diketahui Interstellar medapatkan keuntungan global sebesar USD 731 juta atau sekitar Rp11,5 triliun, serta mendapatkan rating IMDb 8,7/10.

Oppenheimer (2023)

Projek film Nolan terbaru yakni Oppenheimer, baru-baru ini memanaskan panggung Oscar 2024 dengan deretan prestasinya. Terbilang Oppenheimer sukses besar membawa pulang 7 piala Oscar dari 13 nominasi yang diperoleh.

Di antara kemenangan tersebut, ada pada beberapa kategori bergengsi yang dimulai dari Best Picture, Best Original Score, Best Cinematography, Best Film Editing, Best Director untuk Christopher Nolan, Best Actor untuk Cillian Murphy, hingga Best Supporting Actor untuk Robert Downey Jr. Dengan banyaknya raihan piala yang didapatkan oleh Oppenheimer, film ini digadang-gadang menjadi juara umum dari Academy Awards ke-96.

Oppenheimer merupakan film biografi dari perjalanan J. Robbert Oppenheimer, seorang fisikawan yang berperan penting dalam penciptaan bom atom. Dengan penyajian alur yang dikemas sangat baik, Oppenheimer sukses mendapatkan banyak penggemar dan penonton pada tahun lalu dengan raihan 9 dari 10 rating IMDb.

Tidak hanya itu, diketahui Oppenheimer didaulat menjadi film biografi terlaris sepanjang masa usai meraih pendapatan USD 912,7 juta atau setara Rp14 triliun.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading