Sukses

Entertainment

Menjadi Sosok Mengerikan di 'Menjelang Ajal', Shareefa Daanish Ungkap Karakternya

Fimela.com, Jakarta Setelah 4 tahun tidak membintangi film bergenre horor, kini Shareefah Daanish kembali lagi memerankan film horor di "Menjelang Ajal". Sosoknya yang dikenal memiliki akting luar biasa, tak heran sederet karakter yang diperankan oleh Daanish dalam film horor tak pernah gagal memberikan rasa kengerian.

Pada film "Menjelang Ajal" saat ini, Daanish didaulat menjadi karakter Sekar. Karakter Sekar sendiri merupakan seorang ibu pemilik warung yang terlibat praktek pesugihan. Selama mendalami karakter tersebut, Daanish mengungkapkan banyak persiapan-persiapan yang ia lalui.

Melalui berbagai persiapan yang matang tersebut, akhirnya Daanish mempu menggambarkan karakter Sekar secara mendalam. Sahabat Fimela ingin tahu apa saja persiapan Daanish untuk menjadi Sekar? Simak di bawah ini.

 

Karakter Sekar menurut Daanish

Shareefa Daanish yang berperan sebagai Sekar mengutarakan pendapatnya terlebih dahulu mengenai sang karakter. Tak hanya itu, ia juga menyampaikan harapannya mengenai pesan dari karakter ini kepada masyarakat.

"Karakter sekar adalah seorang ibu yang kuat, tapi di satu sisi dia juga ibu yang lemah, makanya sampai bisa mengambil jalan pintas dengan pesugihan itu. Meski begitu, harapannya masayarakat bisa mengambil pelajaran dari apa yang Sekar lakuin, karna pasti ada konsekuensinya," tutur Daanish

Konsultasi Karakter dengan Penulis

Daanish mengungkapkan selama proses pendalaman karakternya menjadi Sekar. Ia banyak berdiskusi dengan sang penulis, Deni Saputra. Mengingat film ini terinspirasi dari kisah nyata, Daanish tidak ingin ada yang keliru dalam prosesnya.

"Proses perjalanannya ini, banyak ngobrol sama mas Deni sebagai penulisnya, karna mas Deni yang paling tau ceritanya, apalagi ini diambil based on true story jadi banyak ngobrol sama mas Deni," ucap Daanish.

Penggalian Karakter Dilakukan 2 Minggu

Sambil berdiskusi dengan sang penulis mengenai background Sekar maupun cerita mengenai pesugihan itu sendiri. Daanish menyebut proses penggalian karakternya dilakukan kurang lebih selama 2 minggu.

"Penggalian karakter kurang lebih sekitar 2 minggu sambil ada reading dan workshop, itu juga sambil baca skenario untuk mendalami karakter Sekar ini," kata Daanish.

 

Olahraga Yoga Membantu Daanish Mendalami Karakter Sekar

Terdapat beberapa adegan di film tersebut, yang membuat karakter Sekar kehilangan kendali. Bahkan sampai melibatkan aktivitas fisik. Daanish sebagai Sekar pun mengungkapkan bahwa kegemarannya terhadap olahraga yoga menjadi sebuah keuntungan baginya. Berkat olahraga tersebut, sejumlah adegan-adegan sulit sebagai Sekar pun bisa ia wujudkan.

"Basic-nya bisa karna saya yoga kan, jadi yoga tuh membantu karakter saya mendalami karakter Sekar. sangat membantu apalagi untuk adegan horor kan memang banyak yang melakukan pose-pose yang tidak biasa, pose-pose tubuh yang terlihat tidak manusia gitu dan menurut saya salah satunya yoga itu sangat membantu untuk melakukan pose-pose tersebut," ungkap Daanish.

Adegan-Adegan Sulit 85% Dilakukan Daanish Sendiri

Berperan sebagai Sekar di film "Menjelang Ajal", Daanish diketahui akan menjalani banyak adegan sulit terutama yang melibatkan fisik. Namun tak disangka sederet adegan tersebut, sebagian besar sukses dilakukan Daanish sendiri.

"Sebelumnya kita juga ada proses workshop sekitar dua harian, pelatihan koreo, tapi memang ada beberapa sih yang saya dibantu juga, tapi sekitar 85% saya lakukan sendiri," ucap Daanish.

Hal ini pun juga dibenarkan oleh sang sutradara, Hadrah Daeng Ratu. "Jadi memang khusus untuk adegan itu (berbahaya) kita (sudah) menyiapkan stunt, tapi hampir semuanya dilakukan kak Daanish itu sendiri, luar biasa banget," tambah Hadrah.

 

Makeup Effect Menjadi Sekar Persiapannya Hingga Berjam-Jam

Banyak melakukan adegan-adegan fisik, membuat karakter Sekar di dalam film ini juga mengalami banyak cedera. Tak hanya itu, efek dari pesugihan pun tak sedikit membuat kulitnya berubah.

Dengan demikian, Daanish mengungkapkan selama menjadi Sekar terdapat perubahan-perubahan fisik yang akan dialami. Demi mewujudkan perubahan tersebut, ia mengatakan proses makeup-nya dilakukan selama 3 fase dan berjam-jam di setiap fasenya.

"Untuk makeup effect-nya ada beberapa tahap, jadi kalo gak salah ada 3 ya, untuk yg paling pertama ada sejam, trus tambah lagi karna adegan-adegan tertentu itu satu jam setengah, dan yang fisik paling dahsyatnya lagi itu sampai dua jam," kata Daanish.

Hadrah sebagai sutradara pun menambahkan bahwa makeup effect ini dilakukan cukup detail dan bertahap demi menambah kesan keseraman sang karakter, Sekar.

"Dia mulai dengan lebam-lebam dulu dan lepuh di kulitnya, trus makin hari dia mulai parah kita tambahin luka-luka sekujur tubuhnya, dan waktu golden special makeup effect-nya kita bikin perubahan yang kita hampir gak ngeliat Sekar di situ, di bagian kepala kita bener-bener bikin detail dari helai rambutnya, warna matanya, giginya, sampe sedetail itu," tukas Hadrah.

 

Cara Daanish dalam Stay in Character Saat Mode Seram

Saat ditanyakan oleh rekan media mengenai cara Daanish agar tetap di dalam karakter di saat-saat tertentu. Daanish menjawab bahwa beberapa aspek seperti makeup, set, dan wardrobe membantunya tetap di dalam karakter.

"Kalo buat saya makeup, wardrobe, set (itu) sangat membantu untuk bikin saya into character, 'okay jadi saya karakter yg menyeramkan', dan itu sangat membantu," kata Daanish.

 

Harapan Daanish Semoga Penonton Takut

Setelah 4 tahun tidak tergabung di proyek horor, pada film "Menjelang Ajal" Daanish menampilkan bakat aktingnya yang luar biasa kembali. Seperti biasa, Daanish mampu memberikan kengerian yang luar biasa pada karakter yang ia perankan.

Kali ini ia berperan sebagai Sekar yakni seorang ibu yang terlibat praktek pesugihan. Dalam perjalanan menjadi karakter tersebut, banyak adegan Sekar yang dirasuki oleh sosok jahat. Hal tersebut menambahkan kesan seram pada karakternya.

Daanish berharap upaya kerja kerasnya demi menjadi karakter Sekar juga dapat dirasakan oleh penonton. "Harapannya bisa menyampaikan ketakutan itu terhadap penonton, cuman kalau buat saya, kalo penonton takut terhadap saya berati saya berhasil, jadi saya harap sih penonton keluar dari bioskop takut ya, kalo memang saya bikin takut then it's good," kata Daanish.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading