Sukses

Fashion

Kue Balok, Jajanan 90-an yang Kembali Populer di Bandung

Bintang.com, Jakarta Belakangan ini beberapa jenis jajanan 90-an mulai populer lagi. Termasuk jajanan tradisional khas Sunda atau Jawa Barat. Salah satunya yang sedang banyak dicari dan disukai adalah kue balok. Bandung pun mulai dihiasi kembali oleh penjaja kue saudara kembar pukis ini.

Seperti dilansir dari Wisata Kuliner, Asal usul kue balok masih jadi perdebatan. Ada yang mengatakan kalau kue ini berasal dari Garut, tapi sebagian warga Bandung lainnya yakin bahwa kue balok adalah produk asli ibu kota Priangan. Yang jelas, kue balok sudah dikenal sejak zaman kolonial Belanda.

Seorang juru masak dari Indonesia bekerja pada orang Belanda untuk membuat ransum. Ia pun membuat sebuah kue yang padat, tahan lama, dan mengenyangkan. Sedangkan di Bandung mulai banyak dikenal dengan nama kue balok di sekitar tahun 1950. Waktu itu kue balok dijadikan sarapan oleh para pedagang dan tukang becak.

Kue balok ini dijuluki “jibeuh”, singkatan dari hiji ogé seubeuh yang artinya “satu pun kenyang”. Itu karena kue balok mengandung banyak kalori, saat dikunyah terasa padat, sehingga bikin kita kenyang. Salah satupenjual kue balok yang tersohor di Bandung adalah kedai Mang Udju yang memberikan beberapa sentuhan modern.

Kue Balok Mang Udju yang juga terkenal dengan nama kue balok Cihapit punya banyak varian rasa seperti strawberry, cokelat, kismis, dan almond. Pengadaan rasa tersebut dilakukan untuk mengikuti selera pasar. Meski begitu kedai ini tetap menghadirkan rasa orisinil yang manis legit.

Kue-kue balok ini dimasak menggunakan cara tradisional yaitu dengan sumber panas arang baik dari bawah maupun atas. Begitu disajikan panas, aroma khas arang menguap dari dalam kue membuat siapa saja tak sabar ingin mencicipi. Kue balok Cihapit terasa lebih lembut karena ditambahkan susu murni pada adonannya.

Kelembutannya itu hampir menyamai kue pukis dan sedikit menghilangkan kesan jibeuhnya. Kedai Mang Udju berada di Jalan Cihapit, Bandung, tepatnya di sebelah Surabi Cihapit. Mulai dari pagi hingga malam tempat ini nyaris tak pernah sepi. Ini jadi bukti kalau jajanan 90-an masih banyak digemari, apalagi dengan sejumlah inovasi yang menarik.