Sukses

Fashion

Kulkas Bukan Tempat Terbaik Menyimpan Cokelat

Fimela.com, Jakarta Cokelat jadi makanan favorit hampir semua orang. Ada beragam jenis cokelat dan masing-masing punya penggemar tersendiri. Kalau kita membeli cokelat dalam jumlah banyak, biasanya kita menyimpan cokelat yang belum dimakan atau sisa cokelat yang belum habis di dalam kulkas.

Tapi ternyata, kulkas bukan tempat terbaik untuk menyimpan cokelat kalau kamu ingin camilan kesukaan itu tetap terasa lezat. Kalau begitu, di mana tempat yang tepat untuk menyimpan makanan pembawa kebahagiaan itu?

Ilustrasi cokelat. (Sumber foto: Mirror)

Seperti dilansir dari antaranews dan Daily Mail, berikut ini adalah panduan menyimpan berbagai jenis cokelat, dan kulkas adalah pilihan terakhir.

Cokelat batangan

Jenis cokelat yang disukai banyak orang ini sebaiknya disimpan di ruangan sejuk dengan suhu antara 15 sampai 21 derajat Celcius. Jauhkan dari sinar matahari dan lemari dapur yang sejuk bisa jadi tempat ideal. Kalau dapur di rumah kamu terlalu panas, kulkas bisa jadi pilihan terakhir.

Tapi pastikan kalau kamu membungkus cokelat rapat-rapat agar bau, rasa dan tekstur cokelat tidak berubah. Cokelat pekat (dark chocolate) bisa disimpan sampai dua tahun, sedangkan cokelat putih dan cokelat susu bisa bertahan sampai setahun.

Cokelat di dalam kulkas. foto: layzeebee.com

Cokelat chip

Cokelat chip mengandung cocoa butter yang lebih sedikit ketimbang cokelat biasa, jadi bisa disimpan di tempat dengan temperatur lebih tinggi. Meski begitu, sebaiknya letakkan di tempat yang punya temperatur ideal untuk menyimpan cokelat batangan dan jangan lupa jauhkan dari sinar matahari. Cokelat chip bisa disimpan sampai dua tahun sebelum kualitasnya menurun.

Cokelat truffle

Jenis cokelat ini simpan di ruangan bersuhu sejuk, jauh dari sinar matahari dan dalam lemari gelap. Kalau kamu membuatnya sendiri menggunakan krim segar, sebaiknya masukkan ke dalam kontainer kedap udara di dalam kulkas. Cokelat truffle yang dibeli di toko bisa bertahan sampai masa kedaluwarsa, sementara yang dibuat sendiri bisa bertahan sampai tiga hari di dalam kulkas.

Bubuk Kakao. foto: bukalapak.com

Bubuk kakao

Tempat sejuk dengan suhu ruangan dan gelap adalah lokasi terbaik buat menyimpan bubuk kakao. Cokelat yang biasa dipakai untuk bahan memasak ini sebaiknya disimpan dalam tempat kedap udara dan jangan taruh di dalam kulkas. Bubuk kakao bisa bertahan sampai dua tahun.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading