Sukses

Fashion

Modisnya 24 Koleksi Ready to Wear Cita Tenun Indonesia x Satu Studio

Fimela.com, Jakarta Indonesia selalu punya sesuatu untuk diberdayakan dan memberdayakan masyarakatnya. Tak hanya sumber daya alam, keragaman budayanya pun jadi keindahan yang tak terelakkan. Salah satunya, yakni kain tenun.

Kain tenun merupakan bagian dari budaya Indonesia yang patut dibanggakan dan harus dilestarikan. Memahami hal tersebut, Cita Tenun Indonesia (CTI) mengambil peran untuk melestarikan sekaligus memeberdayakan para pengrajinnya dari hulu sampai ke hilir.

Tak berhenti di situ, CTI kini berkolaborasi dengan desainer Shabura Sebastian dari Satu Studio membuat koleksi khusus bertajuk Season of Soul yang mempersembahkan perpaduan kain tenun dalam desain modern. Koleksi ini merupakan bagian dari program Giving is Caring yang bertujuan untuk charity. Kali ini, tujuannya adalah RSCM Kiara.

Koleksi Season of Soul

Sebanyak 24 koleksi Season of Soul secara khusus dibawakan dalam fashion show yang berlangsung pada Selasa (3/8) di Senopati Suites, Jakarta. Meski melibatkan tenun yang khas, namun Shabura mewujudkannya dalam desain busana ready to wear yang modern.

"Kami berharap hasil pembinaan tenun itu bisa lebih menyebar di masyarakat melalui tangan Shabura, lebih kekinian, dan bisa diterima anak muda untuk keseharian," ujar Ketua Umum Cita Tenun Indonesia Okke Rajasa pada konferensi pers.

Detail Desain dalam Koleksi Season of Soul

Kain tenun hasil binaan Cita Tenun Indonesia (CTI) bukan hasil mesin pabrik. Setiap kain tenun yang dihasilkan merupakan hasil karya seseorang di daerah yang mencurahkan tenaga, hati, dan pikirannya demi selembar kain. Hal demikian yang jadi latar belakang cerita di balik koleksi Season of Soul dari Shabura Sebastian.

Dari 24 koleksi yang dipamerkan Shabura, terdapat jaket, suit, jumpsuit, dress, dan long dress. Setiap kain tenun yang dipilih Shabura didesain sedemikian rupa agar menjadi busana yang nyaman dikenakan sehari-hari, khususnya bagi para perempuan yang aktif.

Ia memadankan kain tenun dengan bahan lain seperti silk, chiffon silk, dan satin untuk kesan yang lebih modern. Referensi color palette yang dipilih adalah Autumn, sebab itu didominasi warna maroon, terracotta, navy blue, green, cream, nude, kuning kunyit, dan silver. Nantinya, 15% dari total penjualan koleksi kolaborasi Cita Tenun Indonesia dengan Satu Studio ini akan disumbangkan untuk memenuhi kebutuhan RSCM Kiara.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Lekat Memperkenalkan Ragam Tenun Baduy ke Pasar Ritel Indonesia
Artikel Selanjutnya
Keindahan Tenun Tapanuli di Runway Berlatar Laut Sibolga