Sukses

Fashion

Cara Membersihkan Sepatu Putih Berbahan Kulit, Kanvas, dan Suede

Fimela.com, Jakarta Sepatu putih merupakan alas kaki yang wajib dimiliki oleh semua orang, khususnya perempuan. Salah satu sepatu yang paling serbaguna ini bisa kamu padu padankan dengan beragam gaya kasual.

Satu-satunya kekurangan sepatu putih adalah tantangan dalam merawat dan membersihkannya agar tampak seperti baru. Membersihkan sepatu putih memang terlihat sulit kalau kamu belum menemukan cara terbaik untuk membersihkannya.

Dilansir dari realsimple.com, ada beberapa cara untuk menjaga sepatu putih kesayangan kamu agar tetap terlihat seperti pertama kali kamu membelinya.

1. Cara Membersihkan Sepatu Kulit Putih

Bahan kulit adalah salah satu bahan yang lebih mudah dibersihkan karena tidak menyerap air. Untuk membersihkannya, berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan.

Langkah pertama, siapkan handuk kertas, sabun, kain katun (dapat menggunakan baju yang sudah tidak terpakai), sikat gigi dan magic sponge eraser untuk membersihkan sepatu putih berbahan kulit.

Langkah kedua, bersihkan permukaan sepatu putih. Basahi handuk kertas dan peras untuk membuang air yang berlebih. Lalu usap dengan lembut bagian luar sepatu. Setelah selesai membershikan bagian permukaan sepatu, biarkan sepatu mengering selama 10 menit.

Langkah ketiga, bersihkan bagian sol. Basahi magic sponge eraser yang kamu miliki lalu gosokkan ke bagian sol sepatu sampai nodanya hilang. Sebagai alternatif, jika tidak memiliki sponge ini gunakan sikat gigi. Caranya sama seperti menggunakan magic sponge eraser.

Langkah keempat, basahi kain lap atau baju katun bekas dan beri sedikit sabun. Dengan lembut, pijat bagian atas sepatu sampai kembali ke warna putih. Jika sudah, bersihkan sisa sabun dengan lap dan biarkan sepatu putih kering selama kurang lebih 10 menit.

 

 

 

2. Cara Membersihkan Sepatu Kanvas Putih

Kamu mungkin berpikir akan sulit untuk membersihkan sepatu berbahan kanvas putih. Cara membersihkannya cukup sederhana. Ini langkah yang dapat kamu lakukan untuk membersihkan sepatu putih yang berbahan kanvas.

Langkah pertama: Siapkan sikat gigi, soda kue, cuka putih dan air hangat.

Langkah kedua: .Campurkan satu sendok makan soda kue, dua sendok makan cuka putih dan secangkir air hangat. Celupkan sikat gigi bersih ke dalam campuran tadi. Lalu mulailah menggosok area sepatu yang kotor. Kemudian, bersihkan dengan air dan biarkan sepatu mengering.

3. Cara Membersihkan Sepatu Suede Putih

Membersihkan sepatu suede memang sedikit rumit karena kainnya yang sangat halus dan mudah kotor. Kalau kamu memiliki sepatu suede berwarna putih, berikut cara untuk membersihkannya dengan efektif.

Langkah pertama: Siapkan kain katun, penghapus pensil merah muda, cuka putih, dan sikat suede.

Langkah kedua: Usap sepatu dengan kain katun yang lembut. Kemudian, gosok perlahan bagian yang kotor dengan penghapus pensil merah muda. Jika noda yang ada pada sepatu suede adalah noda basah, kamu dapat membersihkannya dengan handuk kertas dan menekan bagian yang basah. Pastikan untuk tidak menggosok noda karena akan membuat noda menyebar.

Langkah ketiga: Kalau masih ada noda yang tersisa, celupkan kain ke dalam cuka putih dan gosok perlahan noda yang tersisa. Setelah selesai, biarkan sepatu suede putih mengering. Jangan lupa untuk gosok bagian luar sepatu dengan sikat suede. Ini akan membantu teksturnya kembali prima.

Penulis: Zhafira Majdina

 

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Membeli Sepatu yang Tepat
Artikel Selanjutnya
Cara Merawat Pakaian dan Sepatu di Lemari agar Selalu Terlihat Baru