Sukses

Fashion

Solusi dari Masalah Sampah Plastik di Indonesia, Perkenalkan Koleksi Fashion Anak dari Botol Bekas

Fimela.com, Jakarta Sampah plastik telah menjadi masalah global, di mana Indonesia masuk ke dalam peringkat atas sebagai penyumbang sampah plastik terbesar di dunia. Berangkat dari hal ini, H&M Indonesia berkolaborasi dengan Danone AQUA membuat inisiatif bottle2fashion dengan kampanye daring "Cleaning Up for the Future" ke seluruh dunia.

Kampanye ini kemudian direalisasikan dengan produksi koleksi pakaian anak yang dibuat dari botol sampah plastik bekas yang didaur ulang. Koleksi ini akan dipasarkan di situs dan setiap gerai H&M di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, koleksi ini akan tersedia di ID.HM.COM dan 12 gerai H&M yang tersebar di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan Bali. Kampanye "Cleaning Up for the Future" bertujuan mengedukasi konsumen, termasuk anak-anak, untuk mulai peduli terhadap isu sampah plastik di lautan dan ikut menjaga kebersihan lingkungan demi masa depan berkelanjutan.

 

 

H&M Indonesia X Danone AQUA

Inisiatif bottle2fashion adalah bentuk kerjasama H&M Indonesia dan Danone AQUA untuk memperkenalkan proses produksi yang sirkular dengan memanfaatkan botol plastik bekas sebagai bahan baku untuk kemudian dijadikan produk fashion. Inisiatif ini telah dimulai sejak tahun 2017 dengan peresmian Alliance for Marine Plastic Solutions Forum oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sebagai komitmen untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam mengurangi 70% sampah di lautan pada tahun 2025 mendatang dan menekan pencemaran plastik hingga mendekati nol pada tahun 2040.

Melalui inisiatif bottle2fashion bersama H&M Indonesia, Danone AQUA berhasil mengumpulkan 129 ton botol plastik bekas dari Kepulauan Seribu dan pesisir Jakarta. Ini juga merupakan manifestasi dari gerakan #BijakBerplastik yang dilakukan bersama masyarakat, anak usia sekolah, dan Kelompok Sadar Wisata.

H&M Indonesia X Danone AQUA

Botol plastik beks yang terkumpul kemudian dibawa ke Recycling Business Unit dampingan Danone AQUA di Tangerang Selatan untuk dipilah kembali, dicacah, dan dibersihkan. Cacahan plastik dikirim ke fasilitas produksi H&M Indonesia untuk diproses menjadi serat poliester dan diubah menjadi berbagai produk fashion yang dipasarkan di setiap gerai H&M di seluruh dunia.

Koleksi pakaian anak berbahan dasar hasil daur ulang ini juga merupakan upaya dari H&M untuk bisa 100% menggunakan material daur ulang dan berkelanjutan pada tahun 2030. Bagaimana menurutmu, Sahabat FIMELA?

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Pesan Terakhir Keluarga Saat Pemakaman Barli Asmara di Bali
Artikel Selanjutnya
Meninggal Dunia, Ini Rencana Pemakaman Desainer Barli Asmara dan Nasib Koleksi Fashion yang Sudah Dipersiapkan