Sukses

Fashion

Pameran Produk BaliNusra untuk Dukung UMKM Indonesia

Fimela.com, Jakarta Salah satu bentuk dukungan terhadap Industri UMKM adalah dengan melakukan pameran. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Dukungan dalam bentuk apa pun sangat penting. Untuk itulah Bank Indonesia menggelar Pameran Produk UMKM.

Rangkaian acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 Seri 1 kembali bergulir pada Rabu (24/3/2021). Bertema "Eksotisme Lombok", dua acara digelar hari ini yakni Pembukaan Pagelaran Karya Kreatif "Pesona Lombok Mendunia" secara virtual dan Pameran Produk UMKM Unggulan BaliNusra secara hybrid di Mal Grand Indonesia, Jakarta.

Dalam sambutannya Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti mengatakan Pagelaran Karya Kreatif "Pesona Lombok Mendunia" akan semakin meningkatkan rasa bangga pada produk Indonesia dan membawa wastra (kain tradisional) Nusa Tenggara Barat semakin terkenal secara luas hingga mancanegara.

“Kami berharap acara ini dapat memberikan inspirasi bagi para pengrajin dan penggiat UMKM untuk melakukan inovasi dan mendorong kreativitas agar menciptakan nilai tambah wastra nusantara baik dalam bentuk fashion maupun bentuk-bentuk kerajinan lain yang tidak hanya artistik tetapi juga memiliki daya pakai yang tinggi,” ujar Destry Damayanti.

“Kemampuan UMKM untuk terus berkarya di tengah berbagai tantangan seperti pandemi saat ini atau krisis keuangan tahun 1997-1998 membuktikan daya tahan UMKM yang tinggi. Bank Indonesia terus mendorong penciptaan nilai tambah UMKM khususnya kain tradisional sehingga dapat mengikuti tren pasar dalam dan luar negeri serta mampu menambah daya saing dan meraih peluang ekspor,” katanya menambahkan.

Diharapkan untuk Produk UMKM Mendunia

Pagelaran Karya Kreatif "Pesona Lombok Mendunia" merupakan hasil kolaborasi antara UMKM Binaan BI di Nusa Tenggara Barat dengan desainer terkemuka tanah air, yaitu Wignyo Rahadi dengan tenun Pringgasela karya Klaster Tenun Pringgasela, Linda Hamidy Grander dengan kain tenun Maringkik karya kelompok Bunga Maringkik, Ferry Koencoro dengan kain tenun Sukarara karya Galang Songket, Maisy dengan kain tenun Kembang Kerang karya Nyalakok Tenun, dan Danny dengan tenun ikat Tangke Bunga Sumbawa karya Tenun Karya Mandiri Moyo Mekar.

Masih dalam rangkaian Karya Kreatif Indonesia 2021,  Pameran Produk UMKM Unggulan BaliNusra diselenggarakan secara hybrid (offline dan online). Pameran offline digelar di Mal Grand Indonesia, Fountain Atrium - West Mall Lt.3A, Jakarta, mulai 24-28 Maret 2021. Pameran ini menampilkan 20 UMKM unggulan terkurasi yang teridiri 10 UMKM pengrajin kain, 6 UMKM kopi dan teh dan 4 UMKM kriya.

Pameran akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti membatasi jumlah pengunjung pada area, menjaga jarak antar pengunjung serta penerapan atribut kesehatan seperti masker dan hand sanitizer.

“Rangkaian kegiatan KKI 2021 Seri 1 hingga 24 Maret 2021 berhasil menghasilkan omzet penjualan produk UMKM dari outlet virtual dan offline di 46 Kantor Perwakilan Bank Indonesia tercatat total sebesar Rp. 15,8 M. Jumlah pengunjung di berbagai kanal tercatat lebih dari 61 ribu orang, yang terdiri dari peserta dan viewers event serta pengunjung website,” ujar Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia Yunita Resumi Sari.

Pameran Produk UMKM Unggulan BaliNusra akan dilaksanakan hingga Minggu 28 Maret 2021 di Fountain Atrium West Mall lantai 3A Grand Indonesia, Jakarta Pusat. Untuk yang belum bisa hadir maka ada personal shopper yang bisa membantu berbelanja secara online atau bisa melihat e-katalog dengan mengunjungi website www.karyakreatifindonesia.co.id. Jadi, jangan sampai melewatkannya ya Sahabat Fimela.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading