Sukses

Fashion

Resep Dadar Gulung Udang, Camilan yang Bikin Kenyang

Fimela.com, Jakarta Makanan yang satu ini bisa dijadikan camilan yang mengenyangkan. Dadar Gulung Udang termasuk makanan yang disukai anak-anak sampai orang dewasa. Kalau biasanya dadar gulung tersedia dalam bentuk kue yang manis, kali ini kita akan menyajikan resep dadar gulung gurih dengan isi udang.

Menu yang satu ini termasuk sehat karena padat kandungan gizi, seperti protein, lemak, karbohidrat, kalori, mineral, vitamin E dan B12. Meski termasuk khas Indonesia, masakan ini juga punya kemiripan dengan Gyeran Mari di Korea.

Bagi yang suka nonton drama Korea atau K-Drama, tentu tahu makanan yang berbentuk gulungan bulat ini. Seperti dilansir dari Cookpad, butuh sedikit kesabaran saat membuat gulungannya. Meski bentuk umumnya bulat, kali ini dibuat dengan bentuk seperti segitiga.

Isinya antara lain berupa sayuran, daun bawang, nori dan udang. Kalau tak suka udang bisa diganti dengan suwiran ayam goreng. Berikut ini resep membuat Dadar Gulung Udang buatan Indry Hapsari berikut ini.

Bahan yang disiapkan:

3 butir telur ayam
1 batang daun bawang, rajang halus
1 siung bawang putih uk. besar, cincang halus
Garam sesuai selera/secukupnya
Merica sesuai selera/secukupnya
1 buah tomat merah ukuran sedang. Buang bijinya dan dipotong dadu

12 ekor udang.

Untuk Udang: Ambil dagingnya saja lalu beri garam dan perasan air jeruk nipis/lemon/cuka. Lalu diremas-remas dan diamkan sesaat. Cuci bersih dan rebus sampai berubah warna. Potong kecil-kecil dan sisihkan.

Dadar Gulung Udang. foto: cookpad


Cara pembuatannya:

Kocok lepas telur, beri bawang putih cincang, potongan tomat, irisan daun bawang, garam dan merica

Panaskan wajan anti lengket, beri margarin secukupnya. Kecilkan api, tuang lapisan pertama, taburi sebagian potongan udang. Saat kulitnya terlihat kokoh tapi atasnya masih basah, gulung perlahan dan padatkan dengan bantuan 2 sodet kayu, bawa gulungan ke sisi wajan.

Dadar Gulung Udang. foto: cookpad

Tuang lapisan kedua, sampai menempel ke gulungan yang pertama. Taburi sisa potongan udang. Lakukan hal yang sama seperti sebelumnya

Tuang lapisan ketiga (untuk membuat 3 lapisan. Sebetulnya bebas membuat berapa lapisan karena tergantung banyaknya adonan telur). Lakukan hal yang sama seperti sebelumnya. Digulung perlahan supaya tidak sobek

Bolak-balik gulungan ditiap sisinya sampai telur gulung matang (sebaiknya bentuk keatasnya dibuat kerucut dengan harapan akan menjadi segitiga).

Dadar Gulung Udang siap dihidangkan bersama mayonaise dan saus sambal/tomat.

Dadar Gulung Udang. foto: cookpad

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading