Sukses

Fashion

Resep Lumpia Basah, Jajanan 90-an Khas Bandung dan Semarang

Fimela.com, Jakarta Ada banyak kue dan jajajan khas di Indonesia. Salah satunya adalah lumpia. Di era 90-an, ada jajanan lumpia basah yang dikenal luas di Bandung dan Semarang. Meski lumpia identik dengan Semarang, Bandung juga menyajikan lumpia yang tak kalah enak. Lumpia basah sendiri adalah modifikasi dari kue lumpia yang biasanya dimasak dengan digoreng.

Varian lumpia ini ternyata banyak disukai. Kalau kita berkunjung ke kota Bandung atau Semarang, disepanjang jalan kita bakal banyak menjumpai makanan khas yang nikmat ini. Berbeda dengan lumpia goreng pada umumnya, lumpia basah biasanya dibuat dari campuran tauge, telur dan bumbu masak yang ditumis kemudian dibungkus dengan lumpia.

Lumpia Basah. foto: cookpad

Setelah itu diberikan lumuran kuah gula merah yang dikentalkan dan dicampur dengan bengkuang. Di Bandung sendiri, lumpia basah terkenal dengan campuran cabai dan rasa pedas yang dibuat dengan standar level. Dari mulai level pedas biasa sampai level terpedas.

Buat bisa mencicipi nikmatnya lumpia basah, kamu tak perlu jauh-jauh mengunjungi kota Bandung atau Semarang. Kamu bisa membuatnya sendiri dirumah. Cara pembuatannya tidak terlalu sulit. Seperti dilansir dari bisikan.com, berikut ini resep dan cara pembuatan Lumpia Basah, jajanan khas Bandung dan Semarang.

Bahan yang disiapkan:

¼ kg tauge
5 lembar kulit lumpia
2 butir telur ayam
Garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Bumbu Untuk Lumpia Basah

4 siung bawang puting, dicincang kasar
3 buah cabai rawit, haluskan
Bahan Perekan Lumpia :
1 sendok makan tepung kanji
½ ons gula merah
125 ml air mineral

Lumpia Basah. foto: cookpad

Bahan Campuran Untuk Bengkuang

½ kg gula bengkuang, iris memanjang
½ ons gula merah
100 ml air matang

Cara pembuatannya:

Lumpia Basah. foto: cookpad

Buat kuah gula merah atau perekat kulit lumpia. Caranya, campur semua bahan untuk perekat. Larutkan gula dengan air, kemudian berikan tepung kanji dan aduk-aduk sampai mengental.

Selanjutnya membuat campuran bengkuang, caranya rebus air dengan gula merah hingga larut, saring gula merah dan masak bersama dengan bengkuang. Masak sampai airnya habis dan bengkuang berubah menjadi berwarna coklat.

Untuk membuat tumisan isi lumpia, tumis terlebih dahulu bawang putih dan cabe rawit sampai harum dengan menggunakan minyak goreng yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Masukkan telur ayam dan aduk-aduk sampai merata, kemudian masak sampai tauge menjadi lebih layu. Masukkan juga garam dan pastikan bumbu sudah pas.

Lumpia Basah. foto: resepcaramemasak.info

Siapkan piring, ambil selembar kulit lumpia dan berikan perekat. Masukkan campuran bengkuang dan berikan tumisan tauge yang sudah dibuat, kemudian dilipat dan digulung. Sajikan selagi hangat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading