Sukses

Fashion

Kenapa Mashed Potato Lebih Baik dari Kentang Goreng?

Fimela.com, Jakarta Kentang termasuk makanan yang sangat disukai dan bisa diolah menjadi berbagai macam menu. Yang paling populer tentunya adalah kentang goreng yang jadi menu wajib di semua restoran cepat saji. Tapi ada banyak perdebatan yang sering kita temui tiap kali makan steak di sebuah restoran.

Itu karena sebagian besar pasti menawarkan opsi dishes: Mashed Potato atau French Fries. Secara tampilan French Fries atau kentang goreng memang begitu menggoda. Cara memasaknya pun praktis dan cepat, yaitu tinggal celup ke minyak panas. Sedangkan Mashed Potato atau kentang tumbuk mungkin tak sepopuler ‘saudaranya’ itu.

Konsumsi kentang, terlebih kentang goreng, bisa tingkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. (Foto: fitnessmagazine)

Bentuknya terbilang biasa saja dan terkesan seperti makanan yang dihancurkan. Tapi tunggu dulu, itu bukan berarti kentang goreng lebih baik dari Mashed Potato. Bahkan banyak yang berpendapat kalau mashed potato lebih sehat daripada kentang goreng. Seperti dilansir dari qraved, ada sejumlah alasan kenapa sebaiknya kamu mulai pilih si kentang tumbuk daripada French Fries.

Proses Memasak yang Sehat

Satu yang paling penting dalam pemilihan antara french fries dan mashed potato adalah cara penyajiannya. Kentang tumbuk biasa dimasak dengan direbus terlebih dahulu sebelum ditumbuk dan dicampurkan bahan lainnya. Sedangkan kandungan minyak terkandung jelas di dalam seporsi french fries dan tentu saja kurang baik untuk tubuh dan kesehatan.

Kandungan Nutrisi Masih Tersimpan

Kentang dibuat mashed potato. foto: cooking,nytimes

Denganproses memasak seperti di atas, kandungan nutrisi pasti berpengaruh. Meski kandungan karbohidrat mashed potato hanya kurang lebih setengah dari yang diperoleh french fries, jumlah lemak yang dihasilkannya ternyata berbanding jauh. Misalnya, dalam 100 gram french fries, bakal menghasilkan 14,08 gram lemak, sementara mashed potato hanya 3,54 gram.

Tak Rentan Bahan Berbahaya

Satu keunggulan mashed potato secara umum adalah minim dari risiko campuran bahan-bahan kimia berbahaya. Sedangkan french fries dalam beberapa kasus, dicampur bahan tersebut agar bisa tetap tahan lama. Bumbu yang digunakan juga terkadang minim nutrisi.

Mitos Mentega Tidaklah Benar

Sebelumnya beredar perdebatan kalau mashed potato juga menghasilkan lemak yang cukup banyak dari mentega yang dicampurkan. Ada benanyar, karena butter mengandung lemak, tapi tidak yang seperti dihasilkan french fries. Mentega yang dipadukan untuk jadi bahan kentang tumbuk justru bernilai baik dan bagus untuk kesehatan tubuh, tentunya kalau disajikan pada porsi yang pas.

Menurut pendiri restoran, kentang cocok disajikan dengan rasa Rosemary maupun dengan bumbu kari.

Bisa Dimakan dalam Segala Kondisi

Yang terakhir, mashed potato praktis tidak mengenal jam larangan makan karena memang salah satu makanan yang dianjurkan dalam kondisi apapun. Bahkan makanan ini bisa dikonsumsi saat proses penyembuhan sakit. Sementara kandungan minyak sisa pemasakan dari kentang goreng dan sifatnya yang garing terkadang jadi penghalang bagi banyak orang untuk memakannya di segala situasi.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading