Sukses

Fashion

Editor Says: Lebaran Usai, Berat Badan Naik Drastis

Fimela.com, Jakarta Saat merayakan Lebaran tentu saja menjadi agenda wajib yang dilakukan untuk bersilahturahmi keliling ke rumah keluarga. Dan satu hal yang gak mungkin dihindari, setiap keluarga pasti menyajikan menu khas Lebaran, misalnya semur daging, ketupat, opor ayam, sambal goreng ati, dan sebagainya yang dapat menggugah selera.

Selain menu berat yang disajikan oleh setiap keluarga yang kamu kunjungi, belum makanan ringan atau kue-kue basah dari berbagai rasa dan bentuknya. Yakin kamu menolaknya? Gak kan, karena biasanya saat lagi berkunjung ke rumah saudara, aktivitas yang biasanya dilakukan seperti mengobrol, berfoto dan sebagainya yang membuat bawaannya pengen ngunyah saja. Betul tidak? 

Belum lagi minuman segar dan jenis minuman lainnya yang ingin kamu santap berbarengan dengan makanan lainnya. Hal tersebutlah yang membuat kamu jadi kalap dan tidak memperhatikan makanan dan minuman aja saja yang sudah masuk ke dalam tubuh.

Makanan khas Lebaran yang memiliki kalori tinggi. (sumber foto: tourismnews.co.id)

Tentunya kamu pasti sengaja melupakan berapa jumlah kalori dari setiap makanan dan minuman tersebut. Karena semua hal tersebut dilakukan bersama sanak saudara yang bikin suasana hati jadi menyenangkan.

Makanan Lebaran yang kamu santap itulah yang memiliki nilai makanan yang tinggi lemak dan gula sehingga membuat berat badan bertambah. Sehingga kamu jadi malas bergerak dan lupa berolahraga, maka dari itulah kalori yang masuk ke tubuh kamu jadi lebih besar bila dibandingkan dengan kalori yang dikeluarkan. 

Kue khas Lebaran yang memiliki kalori tinggi. (sumber foto: refiza.com)

Lakukan hal ini untuk mencegah kalori berlebihan

Gak masalah makan banyak, tapi ingat kalori yang masuk ke dalam tubuh harus sama dengan kalori yang dikeluarkan. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mencegah berat badan naik berlebihan setelah Lebaran? supaya baju-baju kamu tetap muat dan bisa dipakai. 

Bila kamu masih memiliki rencana untuk libur Lebaran jangan makan berlebihan lagi ya, berhentilah makan sebelum kamu kenyang. Jangan memaksakan perut kamu terisi penuh karena akan membuat kamu jadi malas bergerak. Tetapi bila kamu makan dengan perlahan dan tahu kalau kamu sudah rasa kenyang maka kalori yang masuk ke tubuh lebih sedikit.

Lebaran jangan lupa makan sayur dan buah. (sumber foto: healthyliving.natureloc.com)

Selain makanan mengonsumsi makanan berlemak, kue-kue dan minuman manis, lebih baik kamu makan makanan yang berserat seperti sayur-sayuran dan buah karena serat sangat bagus untuk tubuh kamu. 

Usai Lebaran jangan malas dan wajib olahraga. (sumber foto: womansday.com)

Dan yang terakhir, bila kamu masih ada waktu libur Lebaran, lebih baik olahraga dan jangan stres karena bila kamu stres akan mempengaruhi berat badan kamu naik dengan sering mengonsumsi cemilan yang juga memiliki kalori tinggi. Intinya jangan santai di rumah sambil ngemilin kue Lebaran saja tapi coba cari aktivitas yang membuat kamu jadi bergerak, misalnya bersih-bersih rumah, cuci baju, menyapu, mengepel dan lainnya. 

 

 

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading