Sukses

Fashion

10 Motif Batik yang Harus Diketahui Paling Populer di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Sebagai salah satu warisan budaya bangsa Indonesia dan UNESCO menetapkan setiap tanggal 2 Oktober merupakan Hari Batik Nasional. Batik kini telah mendunia, sehingga berbagai macam batik hadir sebagai pelengkap busana untuk daily wear.

Seni lukis yang menggunakan kain bergambar dengan mengikuti pola ini memiliki ciri khas motif dari berbagai daerah di nusantara. Setiap daerah pun memiliki keunikannya masing-masing, yang membuat si pemakai tampil menarik dengan motif tersebut. Namun, ada beberapa motif batik yang paling populer di masyarakat Indonesia dan mungkin saja Anda tidak menyadari kalau motif tersebut paling populer.

Mau tahu apa saja? Berikut ini Bintang.com akan merangkumnya menjadi 10 jenis motif paling populer dari berbagai sumber. Simak yuk ulasannya. 

Mega Mendung

Motif tersebut berasal dari Cirebon, yang menjadi ciri khas dari Mega Mendung karena pola yang tergambar seperti bentuk awan yang diberi warna seperti biru, hijau dan merah. 

Motif batik Mega Mendung. (Image: damniloveindonesia.com)

Batik Keraton

Motif ini dulunya hanya boleh dipakai oleh Sultan dan keluarganya saja, namun belakangan ini semua masyarakat bisa mengenakan motif tersebut. 

Motif batik Keraton. (Image: batikastriklaten.files.wordpress.com)

Batik Tasik

Tanah Sunda juga memiliki batik dengan ciri khasnya sendiri sehingga batik bukan dari Jawa saja. Seperti batik Tasik yang motifnya umumnya berbentuk rerumputan, fauna dan tentang alam. 

Motif batik Tasik. (Image: disparbud.jabarprov.go.id)

Batik Pekalongan

Selanjutnya, batik Pekalongan yang mungkin sudah tidak asing lagi, karena biasa batik yang dijual di pasaran berasal dari Pekalongan. Biasanya motif batik ini membentuk pola tumbuh-tumbuhan dan fauna dengan warna-warna yang cerah.

Motif batik Pekalongan. (Image: ajumodelbaru.biz)

Batik Solo

Kalau batik satu ini tentu saja warna coklat menjadi ciri khasnya dengan menggunakan pewarna alami, wah masih tradisonal sekali ya. Kebanyakan motifnya pun seperti membentuk gelombang-gelombang sungai Bengawan Solo.

Motif batik Solo. (Image: kesolo.com)

Batik Jepara

Kalau ke kota Jepara Anda akan menemukan banyaknya macam motif batik ini, karena batik Jepara sendiri dibagi menjadi 2 jenis motif, yakni motif lama dan motif baru. Motifnya pun cantik-cantik dengan pola flora dan fauna.

Motif batik Jepara. (Image: sahabatnesia.com)

Batik Kawung

Motif Kawung merupakan salah satu motif batik yang paling tertua di Indonesia. Sehingga dikenal awalnya dipakai oleh orang kerajaan. Motif batik Kawung gambaran seperti buah aren.

Motif batik Kawung modern. (Image: vebma.com)

Batik Malang

Batik Malang biasanya hadir dengan sentuhan warna-warna yang cerah, penggunaan 3 warna pada motif batik ini menjadi terlihat unik dan berbeda. Yang menjadi ciri khasnya, motif dengan simbol-simbol kota Malang itu sendiri.

Motif batik Malang. (Image: batikshuniyya.files.wordpress.com)

Batik Sekar Jagad

Batik ini berasal dari Jogjakarta yang memiliki keindahannya tersendiri sesuai dengan namanya segar jagad. Motif yang dihadirkan sendiri seperti pulau-pulau atau dalam bahasa Jawa kar jagad artinya peta dunia. 

Motif batik Sekar Jagad. (Image: batik.or.id)

Batik Sidomukti Magetan

Mungkin sebutan nama batik ini masih asing di telinga Anda, tetapi bila melihat motifnya tentu Anda langsung mengetahuinya. Yup, batik yang motif dasarnya bergambar bambu ini biasanya dipakai untuk acara resmi seperti upacara adat.

Motif batik Sidomukti Magetan. (Image: bagaskara.co.id)

Well, itulah 10 jenis motif batik paling populer di Indonesia yang harus Anda ketahui dan mungkin saja Anda punya salah satu koleksinya? Jadi, ketika memakai baju batik Anda tidak hanya memakainya saja, tetapi tahu asal usul batik yang Anda pakai. Betul tidak?

Selamat Hari Batik Nasional!

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading